Penumpang KRL Mulai Tertib

In Metropolis
penumpang KRL mulai tertib
ANTRE : Sejumlah penumpang KRL Commuterline antre untuk membeli tiket perjalanan di Stasiun Depok, Kecamatan Pancoranmas, Senin (29/06). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kekhawatiran adanya penumpukan penumpang KRL Commuter Line pada jam sibuk ternyata tidak terjadi, Senin (29/06). Salah satunya terlihat di Stasiun Depok Lama, sekitar pukul 06.00 wib.

Meski tidak padat, antrean sesuai social distancing hanya terjadi di pintu masuk stasiun dan peron. Selain itu petugas dilengkapi thermometer tembak memeriksa setiap penumpang, jika suhu melewati batas normal maka langsung diminta kembali.

Hal serupa terjadi di Stasiun Depok Baru. Penumpang di stasiun tersebut pada jam sibuk di pagi hari tidak begitu ramai. Namun tanda pembatas posisi penumpang masih banyak dilanggar. Diketahui, setiap gerbong hanya dibolehkan ditempati 70 penumpang.

“Saya masih pakai kereta, karena murah, kalau pakai motor juga macet di tanjung barat, karena sedang ada pembangunan fly over,” ucap warga Cipayung, Dwi Surya.

Dia mengatakan kondisi lengang terjadi karena banyak warga yang mulai beralih ke transportasi lain. Selain itu perkantoran di Jakarta juga menerapkan sistem kerja baru. “Yang kerjakan gantian, sehari masuk, sehari libur,” kata Dwi.

Hal senada disampaikan warga Pancoranmas, Kartika. Menurutnya  keberadaan Covid-19 penumpang kereta malah bisa lebih teratur. Antrean saat masuk kereta tidak berdesak-desakan, karena arah jalur penumpang sudah digambarkan dengan jelas.

“Kemarin sih sempat desak-desakan, tapi sekarang lebih teratur. Jika ini bisa terus diterapkan kualitas kereta api di Indonesia bisa menjadi lebih baik,” singkat Kartika.

Sementara VP Corporate Communication PT KCI, Anne Purba mengatakan antrean pengguna KRL saat ini berlangsung tertib dengan menerapkan protokol kesehatan. Dia juga menilai semua bisa antre dengan tertib sesuai dengan marka yang telah dibuat petugas.

Anne menjelaskan pengguna KRL pada Senin pagi ini memang meningkat dibanding pekan sebelumnya. Data tiket elektronik menunjukkan pengguna KRL meningkat sembilan persen dibandingkan pekan lalu.

Anne menjelaskan hingga pukul 10.00 WIB tercatat ada 155.555 pengguna KRL, sementara pada pekan lalu hanya 143.237 pengguna. Ada sejumlah stasiun yang mengalami peningkatan jumlah pengguna antara lain Stasiun Bogor, Bojonggede, Citayam, dan Bekasi yang meningkat sekitar delapan persen hingga 29 persen.

Meski ada peningkatan menurut Anne pengguna di seluruh stasiun KRL pada Senin pagi dapat mengantre dengan tertib. Pengguna antre sesuai marka yang tersedia dan senantiasa mengikuti arahan dari petugas.

“PT KCI berterima kasih atas kerja sama dan kesadaran para penggguna KRL dalam mengikuti antrean dan protokol kesehatan di stasiun,” ujarnya.

Mulai hari ini menurut Anne PT KCI juga mengujicobakan layanan informasi terbaru berupa info posisi antrean di stasiun. Info ini disajikan melalui aplikasi KRl Access serta Twitter dan Instagram @commuterline.

Para pengguna kemudian menjadikan informasi ini untuk mempertimbangkan kembali waktu keberangkatan ataupun moda transportasi yang akan dipilih. “PT KCI tetap mengimbau kepada pengguna jasa untuk menggunakan masker, ikuti pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan di wastafel yang sudah disediakan, dan selalu jaga jarak dengan mematuhi marka yang ada,” ucapnya. (rd/rub)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

bojongsari lomba hatinya

PKK Kecamatan Bojongsari Siap Ikut Lomba Hatinya PKK : Persiapkan Sejumlah Komponen, Warga Dukung Penuh

BERDISKUSI : Kader PKK Kelurahan Bojongsari saat berdiskusi untuk mempersiapkan lomba Hatinya PKK tingkat Kecamatan

Read More...
KNPI gelar lomba layangan

KNPI Siapkan Lomba Layang-layang se-Jabodetabek

RAPAT : Pihak panitia bersama dengan sponsor Kite Fighter Depok saat menggelar rapat persiapan lomba

Read More...
idris main ke golkar depok

Pilkada Depok : Idris Cari Pasangan, Pradi Kebut Koalisi, Farabi Wajib Nyalon

SILATURAHMI : Pengurus DPD Partai Golkar Kota Depok saat menerima silaturahmi politik Mohammad Idris di

Read More...

Mobile Sliding Menu