RT05/04 Kalimulya Tanam 1200  Pot Sayuran Hidroponik

In Satelit Depok
sayuran hidroponik kalimulya
MEMAMERKAN : Camat Cilodong Supomo didampingi Lurah Kalimulya Nandang Juhana bersama warga saat menunjukan hasil panen sayur sawi milik warga RT 05/04 Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong. Senin (29/06). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CILODONG – Warga RT 05/04 berhasil memanfaatkan lahan tidur seluas 500 meter di lingkungan dengan menanam 1200 pot sayuran kangkung, sawi, terong, hingga pakcoy. Hal tersebut dilakukan dalam mengisi waktu selama pandemi, Senin (29/06).

Ketua RT05/04,  Mansur menjelaskan, ide tersebut tercipta dari remaja lingkungan yang memanfaatkan waktu selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung di Kota Depok agar lebih produktif.

“Sudah tiga bulan lebih berjalan dan sudah tiga kali selama pemerintah menginstruksikan untuk berdiam di rumah, jadi warga dan remaja berinisiatif berkreasi lewat pertanian ini, meski skalanya masih kecil,” jelas Mansur kepada Radar Depok.

Di lokasi sama, ketua remaja sekaligus ketua pengelola pertanian, Benny menjelaskan  hasil panen sudah dipasarkan ke pedagang dalam permintaan jumlah kecil serta ke warga sekitar untuk keperluan pribadi.

Penjualan yang dilakukan warga jauh dibawah harga pasaran. Sekilo sayur sawi di jual dengan harga Rp8 ribu. Biasanya dilanjutkan Benny di pasar tradisional bisa mencapai Rp17 ribu hingga Rp 18 ribu.

“Kami menanam menggunakan hidroponik yang kualitasnya tentu jauh lebih baik karena melewati proses yang teliti,” ungkap Benny.

Ia pun berharap kepada pihak Kecamatan serta Kelurahan yang juga hadir untuk menjembatani ke pihak Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) agar bisa membantu semangat warga dan remaja sekitar dalam bercocok tanam di lahan yang tidak terawat.

Sementara, Camat Cilodong, Supomo yang melakukan peninjauan langsung menegaskan bahwa akan membawa inovasi warga di tengah pandemi ke dinas terkait agar mengenai pembibitan serta penyuluhan bisa diberikan dari para tenaga ahli di dinas.

“Saya akan berusaha menyampaikan ini ke Dinas biar warga saya di Kalimulya makin semangat dan produktif untuk mengubah area lahan tidur menjadi lebih bermanfaat, baik untuk lingkungan maupun diri sendiri,” terang Supomo di lokasi.

Ia pun mengapresiasi kegiatan bermanfaat yang dilakukan warga di masa pandemi, hal ini bisa menjadi percontohan bagi lingkungan lainnya. Tentunya kreatif warga sangat disambut baik DKP3 untuk terus bersinergi dengan warga dalam menciptakan lahan hijau yang bermanfaat. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

pengmas dosen UNJ

P2M LPPM UNJ Tingkatkan Mutu Pembelajaran

VIRTUAL : LPPM Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan kegiatan Peningkatan Mutu Pembelajaran dengan tema “Pelatihan

Read More...
atlet badminton depok 1

Maria Devanya, Atlet Badminton Asal Kota Depok : Ganda Putri Andalan Jaya Raya, Raih Podium di Singapura (1)

SANG JUARA : Maria Devanya (kiri) bersama duet Ganda Putri, Mayang (kanan) menunjukan medali hasil

Read More...
giat LPM curug

Lebih Dekat dengan Ketua LPM Curug, Dody Setiawan : Keliling Beri Bantuan dan Pantau Masjid

GIAT : Ketua LPM Kelurahan Curug, Dody Setiawan memberikan bantuan kepada pengurus tempat ibadah. FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu