Vokasi UI Hadapi Industri Kreatif

In Pendidikan
vokasi UI tentang pertelevisian
PENYIARAN : (kiri) Laboratorium TV penyiaran multimedia milik Vokasi Universitas Indonesia (UI). (kanan) Praktikum liputan berita di Lab TV oleh mahasiswa prodi. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Semakin masifnya perkembangan teknologi informasi digital menyebabkan industri kreatif juga mengalami peningkatan pesat. Untuk menjawab kebutuhan sumber daya manusia pada industri tersebut, Universitas Indonesia (UI) melalui Program Pendidikan Vokasi UI menyajikan ragam pilihan program studi jenjang ahli madya, yaitu Periklanan Kreatif, Hubungan Masyarakat, Penyiaran Multimedia, dan Pariwisata.

Direktur Vokasi UI, Prof Sigit Pranowo Hadiwardoyo menuturkan, industri kreatif merupakan sektor yang berbasis pada daya cipta dan kreasi yang tidak memiliki batas. Vokasi UI menjawab kebutuhan negeri dengan memfasilitasi mahasiswa akan keunggulan tenaga pengajar, fasilitas penunjang yang mumpuni, serta jaringan dengan pihak industri, pemerintah, maupun komunitas yang kuat.

“Berkuliah di Vokasi UI akan membuat para mahasiswa berkembang di dalam budaya pemikiran kritis, inovatif, serta kreatif. Para mahasiswa Vokasi UI juga akan mendapatkan pengalaman dan keterlibatan industri kehidupan nyata di sektor industri sesuai jurusannya,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima Radar Depok, Senin (29/06).

Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Vokasi UI, Priyanto menjelaskan bahwa lulusan dari keempat prodi tersebut semakin diminati seiring dengan perkembangan industri kreatif di Indonesia.

“Setiap tahun, pendaftar mencapai lebih dari 1.000 untuk masing-masing prodi. Sebagaimana kita ketahui, pemerintah sedang mendorong industri kreatif karena memiliki potensi yang sangat besar yang dapat menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia ke depan,” ujar Priyanto.

Ia menuturkan,  salah satu program studi yang erat kaitannya dengan industri kreatif adalah Program Studi Periklanan Kreatif.

“Kompetensi utama lulusan prodi ini adalah tenaga kerja hybrid yang terampil dan mumpuni mencakup kompetensi Account Executive, Strategic Planner, Creative, dan Media Planner. Lulusannya juga akan menjalani sertifikasi kompetensi Perancangan Strategis Kreatif dan Pembuatan Iklan di Lembaga Sertifikasi Profesi UI,” kata Priyanto.

Peluang berkecimpung di industri kreatif juga dimiliki oleh lulusan Program Studi Penyiaran Multimedia. “Program studi ini mencetak ahli madya yang mampu melaksanakan operasional studio siaran radio dan TV serta pengembangan konten multimedia seperti Youtube dan platform lainnya,” kata Priyanto.

Untuk menunjang perkuliahan, Vokasi UI memiliki laboratorium praktik, antara lain radio “Vocast Radio”, studio TV, serta laboratorium komputer. “Prodi ini cocok sekali untuk mereka yang suka bekerja di lapangan, seperti cameraman, video editor, penyiar/presenter, producer, switcher, dan peran lainnya dalam proses produksi konten multimedia,” kata Priyanto. (rd/gun)

 

Jurnalis : M. Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

giat LPM curug

Lebih Dekat dengan Ketua LPM Curug, Dody Setiawan : Keliling Beri Bantuan dan Pantau Masjid

GIAT : Ketua LPM Kelurahan Curug, Dody Setiawan memberikan bantuan kepada pengurus tempat ibadah. FOTO

Read More...
KPU depok butuh

KPU Depok Butuh 4.015 PPDP

SIAPKAN : Petugas sedang mempersiapkan kebutuhan pemilu. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Tahapan pembentukan

Read More...
toko buku diskon

Banjir Promo di TM Bookstore

BANJIR PROMO : TM Bookstore Depok Town Square (Detos) banjir diskon untuk stationery dan buku.

Read More...

Mobile Sliding Menu