Bahagia Itu Tidak Cukup Hanya Ilmu Saja

In Ruang Publik

 

Oleh: K. H. A. Mahfudz Anwar

Ketua MUI Kota Depok

 

DI ZAMAN sekarang ini banyak orang berlomba-lomba mencari Ilmu. Tapi jarang yang disertai dengan berlomba memperkuat jiwa (Iman). Istilah umumnya, banyak orang pintar, tapi sedikit orang benar. Kenapa demikian? Karena manusia hanya mencari ilmu sebagai alat untuk mencari dunia. Jarang orang sekarang mencari Ilmu untuk memperbaiki hati. Bahkan ada yang lebih parah lagi. Orang mencari Ilmu, tapi tujuaannya untuk dapat menghancurkan. Contohnya, orang mendalami Ilmu fisika atau kimia bukan untuk menciptakan obat.    Tapi untuk membuat senjata. Semakin senjata itu bisa membunuh banyak orang, maka mereka akan bangga dan sombong.

Oleh karena itu dampak dari Ilmu yang kosong tersebut semakin melahirkan kekacauan (mafsadah) di muka bumi ini. Bukan untuk semakin menentramkan jiwa. Maka banyak jiwa yang kosong, dan melahirkan manusia-manusia robot yang bergerak tanpa kenal belas kasih pada sesame. Itulah realita sosial akhir-akhir ini.

Lalu bagaimana yang seharusnya?.

Kalau sebagai seorang muslim, maka acuannya adalah tuntunan kalam Tuhan dan Sabda Rasul. Di mana setiap celah kehidupan pasti ada tuntunan yang bisa dijadikan pegangan agar tidak menyimpang dari koridor yang benar. Misalnya saja Al-Qur’an telah mendeskripsikan ketentuan-ketentuan Ilmu yang diridlai oleh-Nya dan bermanfaat bagi kehidupan banyak orang. Bahwa jika orang berilmu itu disertai dengan keseimbangan Iman, maka Allah swt akan mengangkat derajat orang tersebut. “Yarfaillahul laziina amanu minkum wallazina utul ilma darajaat; Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat (Q.S.Al-Mujadalah: 11).

Ibaratnya Iman itu separuh dan Ilmu itu separuhnya. Sehingga kalau digandeng, maka menjadi seratus (utuh). Tapi sebaliknya jika hanya salah satu saja yang dimiliki oleh seseorang, maka akan pincang atau oleng hidupnya. Jika seseorang hanya memiliki Iman saja tanpa Ilmu, akan sulit menentukan arah hidupnya dalam memenuhi kebutuhan hidup di dunia ini. Tapi juga sebaliknya, jika seseorang hanya memiliki Ilmu saja, maka akan rapuh langkahnya. Bisa jadi akan sering berbenturan dengan aturan hidup yang benar.

Di sinilah pentingnya Ilmu yang didasari Iman. Sehingga dinamika keilmuan yang terus semakin melaju ini, bisa dikendalikan oleh Iman. Sebagimana kendaraan yang baik dan di dalamnya terdapat mesin yang baik. Maka akan melaju dengan mulusnya. Namun jika ada mobil bagus dan Nampak elegan, namun mesin yang di dalamnya bobrok, maka laju perjalanan mobil itu juga akan tidak mulus. Begitu juga manusia.

Maka jika seseorang menginginkan bahagia hidupnya di dunia dan di alam keabadian, sudah barang tentu harus memenuhi dua unsur tersebut. Pertama senantiasa konsisten menjaga Imannya dengan cara rajin mendekatkan diri kepada Allah SWT (Ibadah), Dan yang kedua dengan terus menerus menambah Ilmunya sampai akhir hidupnya. Dan ini bisa dibuktikan secara kesejarahan, bahwa dahulu kala pada puncak kejayaan umat Islam karena menyatunya zikir dan pikir (Iman dan Ilmu).

Para cendekiawan muslim zaman itu tidak saja ahli Ilmu-Ilmu kedokteran misalnya, tapi juga ahli Ilmu Fikih (fukoha’) sekaligus. Sehingga status ke-Ulama-annya dijamin paripurna. Dan semua Cendekiawan muslim ketika ada penemuan baru, selalu didedikasikan untuk kemaslahatan hidup manusia. Ibnu Sina, Ibnu Rusd, Khawarizmi dll. hanyalah sekedar contoh kecil Ulama yang mumpuni.

Dan di era sekarang inilah semakin sangat terasa kebutuhan hidup seimbang tersebut. Mengembalikan citra Islam yang mampu mengantarkan hidup manusia ke taraf yang lebih bermartabat. Di mana Ilmu tidak berdiri sendiri, melainkan bersamaan dengan kekuatan Iman. Dengan mengintegrasikan agama (Iman) ke dalam berbagai disiplin Ilmu pengetahuan. Dan disinilah dibutuhkan sumber daya manusia unggul yang memiliki talenta ganda. Cerdas spriritualitasnya dan juga cerdas intelektualitasnya. Wallahu a’lam. (*)

You may also read!

banyak orang masker

Jika Tak Lakukan Ini, Percuma Kenakan Masker Cegah Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Memakai masker menjadi salah satu langkah paling sederhana dan penting yang dapat dilakukan

Read More...
botol vaksin korona

Vaksin Covid-19 Akan Disebar ke Provinsi Ini di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Vaksin virus Korona (Covid-19) sudah siap didistribusikan Pemerintah ke seluruh Indonesia. Menteri

Read More...

Seperti Apa Terpeka yang Dinobatkan Tol Terpanjang di Indonesia

  RADARDEPOK.COM - Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) tercatat masih menjadi jalan tol terpanjang

Read More...

Mobile Sliding Menu