Bansos Jabar ke Kota Depok Dimonev

In Metropolis
kepala dinas sosial kota depok usman haliyana
MONITORING : Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Usman Haliyana (pegang mic). Dinsos telah melakukan monitoring dan evaluasi Bansos Provinsi Jabar. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok telah melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap penyaluran Bantuan Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahap pertama.

Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana menuturkan, ke depannya penerima bansos tidak hanya berdasarkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El), tetapi juga sesuai Kartu Keluarga (KK) agar tepat sasaran.

“Kami bersama Provinsi Jabar terus melakukan koordinasi terkait penyaluran Bansos oleh Kantor Pos. Termasuk pada Bansos non tunai yang tidak tersalurkan, karena alamat tidak valid dan hal lainnya,” ungkapnya, Rabu (1/7).

Usman menjelaskan, Bansos ini menyasar 10.417 penerima manfaat yang termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Data DTKS tersebut telah diverifikasi oleh Pemprov Jabar.

“Saat ini Bansos tahap pertama yang sudah disalurkan sebanyak 8.500 paket, yang sedang dalam proses penyaluran 426 paket. Sementara yang dikembalikan atau retur sebanyak 1.178 paket,” ujarnya.

Dikatakannya, data penerima manfaat akan terus diperbaharui. Semua itu untuk meminimalisir kesalahan data agar bansos yang disalurkan dapat tepat sasaran.

“Jadi, ketika ada yang tidak valid seperti pindah alamat, penerima sudah meninggal atau penerima ganda,  bantuan akan dialihkan kepada penerima lainnya. Atau dialihkan juga kepada yayasan atau lembaga sosial,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, setiap paket bantuan yang sudah tidak layak konsumsi akan dimusnahkan. Hal ini dilakukan berdasarkan prosedur yang ditetapkan oleh Pemprov Jabar.

“Terkait bantuan telur yang dimusnahkan telah dilakukan sesuai prosedur. Semua ini untuk memastikan setiap paket bantuan non tunai layak dikonsumsi,” pungkasnya. (dic/net)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

banyak orang masker

Jika Tak Lakukan Ini, Percuma Kenakan Masker Cegah Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Memakai masker menjadi salah satu langkah paling sederhana dan penting yang dapat dilakukan

Read More...
botol vaksin korona

Vaksin Covid-19 Akan Disebar ke Provinsi Ini di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Vaksin virus Korona (Covid-19) sudah siap didistribusikan Pemerintah ke seluruh Indonesia. Menteri

Read More...

Seperti Apa Terpeka yang Dinobatkan Tol Terpanjang di Indonesia

  RADARDEPOK.COM - Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) tercatat masih menjadi jalan tol terpanjang

Read More...

Mobile Sliding Menu