Beberapa Daerah di Jabar Disiapkan Jadi Titik Wisata Arum Jeram

In Utama
desa arum jeram jawa barat
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, BANDUNG – Beberapa desa dikawasan Jawa Barat (Jabar) akan dimasukan dalam program wisata air seperti arum jeram. Ini adalah adalah program dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat dan Pengprov Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jabar.

Ketua Umum DPD KNPI Jawa Barat, Rio F Wilantara mengatakan, kolaborasi ini sangat penting untuk mendorong pemuda menjadi garda terdepan meningkatkan wisata air atau sungai di Jabar.

“Secepatnya program ini dimulai dan terealisasi. Setelah Covid-19 mereda atau setelah Agustus kita bisa running lagi. Karena memang banyak program terhenti akibat Covid-19,” ucap Rio.

Dia mengatakan, kerja sama ini semakin solid usai pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Jabar mengenai titik desa mana saja yang memiliki wisata air.

Dengan begitu, tak perlu banyak waktu lagi untuk segera mengombinasikan program yang dimiliki KNPI dan FAJI Jabar.

“Kita juga sudah berkolaborasi dengan Disbudpar Jabar mengenai data sejumlah titik wisata air di Jabar. Setelah itu, bagaimana wisata air itu bisa disatukan dengan potensi olahraga arung jeram sehingga dapat dimaksimalkan,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, ketua umum FAJI Jabar Muhammad Syaiful Bima sangat mengapresiasi KNPI Jabar.

Menurut Syaiful, KNPI Jabar telah memberikan ruang untuk FAJI Jawa Barat berkreasi dan berkolaborasi.

“FAJI Jawa Barat menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada KNPI Jawa Barat. Kang Rio memberikan kami ruang berkreasi dan berkolaborasi dengan KNPI Jawa Barat dalam beberapa program yang selaras dan sejalan dengan program KNPI Jawa Barat,” ucap Syaiful.

Dia menambahkan, program ini sangat baik terutama untuk mendukung program rehabilitasi anak dan remaja yang kecanduan gadget. Syaiful menambahkan kepemudaan dan olahraga memang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

“FAJI Jawa Barat sudah menyusun formulasinya mudah-mudahan bisa segera dilaksanakan, dan point terpenting dari kerjasama lembaga kepemudaan dan olahraga ini adalah Pemuda dan Olahraga satu kesatuan yang sebenarnya tidak bisa dipisahkan melalui induk lembaganya adalah Dispora. Peran sentralnya terutama dalam konteks peningkatan indeks prestasi Pemuda melalui keolahragaan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Syaiful berharap kerjasama ini bisa menjadi satu turunan penting kedepannya untuk Pengcab FAJI Kota dan Kabupaten.

Dari sisi pembinaan prestasi ada peluang FAJI Jawa Barat dan KNPI Jawa Barat menggelar Kejuaraan Arung Jeram KNPI Cup, tapi semua tergantung situasi dan kondisi covid 19, berkaitan dengan perijinan yang masih sulit di keluarkan. Apalagi, tak menutup kemungkinan FAJI Jabarcdan KNPI Jabar akan menggelar Kejuaraan Arung Jeram KNPI Cup.

“Dari sisi pembinaan prestasi ada peluang FAJI Jawa Barat dan KNPI Jawa Barat menggelar Kejuaraan Arung Jeram KNPI Cup. Tapi semua tergantung situasi dan kondisi covid 19, berkaitan dengan perijinan yang masih sulit di keluarkan,” tuturnya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

pelanggar operasi patuh jaya

Dua Pekan Operasi Patuh 2020, Berikut 13 Pelanggaran dan Denda yang Ditetapkan Polri

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Kepolisian Republik Indonesia ( Polri) serentak melakukan penertiban lalu lintas dengan menggelar Operasi

Read More...
kapal perang australia

Lima Kapal Perang Australia Turut Serta di Ketegangan Laut Cina Selatan

BERBAHAYA : Lima kapal perang Australia ikut bergabung di ketegangan Laut Cina Selatan.   RADARDEPOK.COM - Kapal

Read More...
lambaian tangan nadiem makarim

PGRI, NU, dan Muhammadiyah Mundur dari POP Kemendikbud

Mendikbud, Nadiem Makarim.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Organisasi pendidikan satu persatu mulai menarik dari dari Program Organisasi Penggerak

Read More...

Mobile Sliding Menu