Bincang Bareng Imam Budi Hartono : Doa untuk Sahabat, Peran Katar, Pewaris Negeri

In Politika
Imam Budi Hartono
Imam Budi Hartono.

 

Bakal Calon Walikota dari DPD PKS Depok, Imam Budi Hartono memang dikenal dekat dengan unsur kepemudaan. Maklum saja, selain menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat, politikus yang akrab disapa IBH ini juga Wakil Ketua Karang Taruna (Katar) Jawa Barat.

Laporan : Ricky Juliansyah

RADARDEPOK.COM – Kamis 23 Juli 2020, menjadi hari kelabu bagi pemuda Depok, terkhusus mereka yang tergabung dalam organisasi kepemudaan (Okp) Katar Depok. Musababnya, salah satu kader terbaik Katar Kota Sejuta Maulid, Firman Hidayat berpulang kepangkuan Ilahi.

Bagi IBH,  Firman yang menjabat sebagai Ketua Katar Kelurahan Sukamaju Kecamatan Tapos, merupakan sosok pemuda yang penuh dedikasi membantu lingkungan tanpa pamrih.

“Sebagai Ketua Karang Taruna beliau mencontohkan para kader menjadi relawan membantu bantuan sosial masyarakat yang terdampak Covid-19. Selamat jalan sahabat, selamat jalan teman semoga Allah menerima amal ibadah mu, diampuni segala dosa mu. Amin ya robal alamin,” ucap IBH.

Menurut IBH, Katar di Kota Depok sudah mulai memperlihatkan peran dalam membangun Kota Depok. Keberadaan lembaga ini legal dilindungi keberadaannya oleh aturan di negara kita.  Sebab, menjadi salah satu lembaga pemuda resmi berdasarkan Peraturan Menteri Sosial (Permensos) nomor 77 Tahun 2010, lalu revisi menjadi Permensos nomor 25  Tahun 2019.

Dalam Permensos tentang Katar, tujuan dibuatnya sepertinya sangat bagus sekali. Selain, membangun pemuda yang berkualitas, terampil, cerdas, inovatif, berkarakter, tapi pemuda juga harus memiliki kesadaran dan tanggung jawab sosial dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah kesejahteraan sosial.

“Peran pemerintah untuk dapat mengembalikan peran pemuda lingkungan yang tergabung dalam Katar. Budaya bangsa ini bergotong royong, bertetangga, guyub, saling membantu harus dihidupkan kembali. Sebab, pemuda yang berdomisili di kota maupun desa sekarang sudah sangat terpengaruh budaya luar, baik melalui media sosial yang tak bisa terbendung maupun media mainstream lainnya. Padahal,  pemuda adalah pewaris sah negeri ini,” ucapnya.

Kendati ia menilai, kinerja kader Katar di Kota Depok sangat positif dan terlihat, terutama di tengah masyarakat bahkan dunia dilanda Pandemi Covid-19. Mereka, berkontribusi aktif membantu pemerintah, khususnya di tingkat kelurahan guna menyalurkan bantuan sosial ke masyarakat.

“Mereka sukses mengambil peran itu. Tetap menjaga marwah atau kehormatan Karang Taruna sebagai organisasi sosial,” pungkas IBH. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

warga ke LPBH NU

Soal PT.Givaudan, Warga Ngadu ke LPBH NU

DAMPINGI WARGA : Perwakilan warga RW 20 Sukamaju saat meminta pendampingan ke Lembaga Penyuluhan dan Bantuan

Read More...
BRI cimanggis panen hadiah

BRI Cimanggis Gelar Panen Hadiah Simpedes

SIMBOLIS : Pemimpin Cabang BRI Cimanggis, Moh. Noeroel Fadjari, (Kedua dari kiri) didampingi, Kabag Mikro

Read More...
harris waspada korona

Harris : Tetap Waspada Covid-19

BANTUAN : Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Abdul Harris Bobihoe menyerahkan bantuan APD

Read More...

Mobile Sliding Menu