BNSP Witness di LSP SMK Putra Bangsa

In Pendidikan
witness LSP SMK Putra Bangsa
PEMBINAAN : Salah seorang perwakilan dari BNSP sedang memberikan penjelasan kepada asesor di LSP SMK Putra Bangsa dalam kegiatan Witness, Minggu (5/7). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) mengadakan penyaksian (Witness) di Lembaga Sertifikas Profesi (LSP) SMK Putra Bangsa. Dimana, ini adalah tahapan untuk memuluskan langkah SMK yang berlokasi di Gg. Kedondong, Jalan Margonda, Kecamatan Beji tersebut bisa mengeluarkan sertifikasi Kompetensi untuk siswa.

Komisioner BNSP, Mulyanto mengatakan, ini adalah tahapan terakhir SMK untuk bisa mendapatkan izin dari BNSP dalam menerbitkan sertifikasi kompetensi. Dengan lolos dari tahapan witness, maka SMK sudah mendapatkan lisensi dari BNSP.

“Witness adalah uji perdana, melihat apakah LSP sekolah menjalankan manajemen yang sesuai dengan pedoman dari BNSP,” ucapnya kepada Radar Depok, Minggu (5/7).

Mulyanto menuturkan, dalam kegiatan witness juga dilihat bagaimana sumber daya manusia yang dimiliki LSP dan juga tentang fasilitas penunjang dalam pelaksanaannya. Dilihat kemampuan yang dimiliki guru asesor dalam menjalankan tugasnya, baik ke siswa ataupun dalam manajemennya.

“Sertifikat yang dikeluarkan oleh BNSP nantinya bisa menjadi bekal siswa untuk masuk ke dunia kerja. Jadi, itu menunjukan kalau siswa berkompeten sesuai dengan jurusannya,” katanya.

Sementara itu, Ketua LSP SMK Putra Bangsa, Aji Widayat menuturkan, sekarang ini sudah ada tujuh guru di SMK Putra Bangsa yang menjadi asesor, dan itu tersebar di empat jurusan, yakni multimedia, bisnis daring dan pemasaran, otomatisasi tata kelola dan perkantoran, dan satu lagi adalah akuntansi dan keuangan lembaga.

“Asesor yang kami miliki baru menjadi asesor menjelang pandemi virus Korona, jadi belum melaksanakan Asesi,” katanya.

Aji menjelaskan, pihaknya menargetkan 20 guru produktif di SMK Putra Bangsa bisa menjadi asesor semuanya. Dengan begitu, nantinya bisa menjalankan pengujian siswa dengan lebih maksimal. Sebelumnya, untuk mendapatkan sertifikat kompetensi tersebut, SMK Putra Bangsa dengan pihak luar sekolah. Jadi, adanya LSP, maka bisa uji kompetensi secara mandiri.

“Semoga dengan adanya LSP di SMK Putra Bangsa, nantinya bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkompeten, sehingga siap untuk terjun langsung ke dunia kerja,” katanya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya

You may also read!

banyak orang masker

Jika Tak Lakukan Ini, Percuma Kenakan Masker Cegah Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Memakai masker menjadi salah satu langkah paling sederhana dan penting yang dapat dilakukan

Read More...
botol vaksin korona

Vaksin Covid-19 Akan Disebar ke Provinsi Ini di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Vaksin virus Korona (Covid-19) sudah siap didistribusikan Pemerintah ke seluruh Indonesia. Menteri

Read More...

Seperti Apa Terpeka yang Dinobatkan Tol Terpanjang di Indonesia

  RADARDEPOK.COM - Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) tercatat masih menjadi jalan tol terpanjang

Read More...

Mobile Sliding Menu