Di Abadijaya Ada 50 Relawan Anti Narkoba

In Satelit Depok
kelurahan abadijaya lawan narkoba
PENYERAHAN : Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (Kasie P2M) BNND Kota Depok, Rina Astuti saat menyerahkan sertifikat kepada salah satu relawan secara simbolis usai kegiatan, Desiminasi Informasi P4GN Melalui Talkshow, di Aula Kelurahan Abadi Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Jumat (24/07). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Masuk dalam kategori peredaran narkoba yang tinggi, Badan Narkotika Nasional Daerah (BNND) Kota Depok membentuk 50 relawan anti narkoba wilayah Abadijaya, dalam kegiatan Desiminasi Informasi P4GN Melalui Talkshow, di Aula Kelurahan Abadi Jaya, Kecamatan Sukmajaya. Jumat (24/07).

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyaraka (Kasie P2M) BNND Kota Depok, Rina Astuti menjelaskan, unsur yang tergabung dalam relawan, seperti Karang Taruna, Pokdarkamtibmas, jajaran RT dan RW,  hingga Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Kelurahan Abadijaya.

“Keseriusan kami dalam memberantas peredaran narkoba dengan melibatkan peran masyarakat yang ada di wilayah. Kebetulan Abadijaya masuk salah satu zona tertinggi peredarannya di Kecamatan Sukmajaya,” terang Rina kepada Radar Depok.

Tugas seluruh relawan menjadi perpanjangan tangan dari BNN Depok dalam memberikan edukasi dan informasi, khususnya di Abadijaya. Hal ini untuk mewujudkan Depok Bersih Narkoba (Bersinar). Para relawan juga akan masuk dalam naungan dari Kelompok Kerja (Pokja) Depok Bersinar yang diisi dari BNN serta Pemerintahan maupun TNI serta Polri di kawasan Sukmajaya.

“Kita akui Abadijaya nomor dua permasalahan peredaran narkobanya. Jadi tugas mereka memberikan informasi dan melaporkan apabila terjadi penyalah gunaan narkoba di sekitar mereka,” unkapnya usai kegiatan.

BNN secara bertahap akan membentuk relawan anti narkoba di seluruh penjuru Kota Depok, di setiap kelurahan. Sejauh ini sudah terbentuk dua relawan dua kelurahan,  yaitu Abadijaya dan Pancoran Mas. Hal itubkarena kedua kelurahan tersebu masuk dalam kategori dengan peredaran narkoba yang tinggi.

“Intinya akan ada di 63 Kelurahan. Setelah ini akan berlanjut di Kelurahan Sukmajaya, Beji, Baktijaya, Rangkapan Jaya. Semua akan dilakukan bertahap,” tambah Rina.

Menurut dari data BNN Depok yang dibeberkan Rina, Kecamatan Sukmajaya ada 51 data ungkap kasus narkoba, namun untuk penyalah gunaan narkoba ada 31 kasus. U gkap kasus narkoba yang dimaksud adalah BNN berhasil mengungkap peredaran yang ternyata tersangkanya bukan berdomisili di Kota Depok, melainkan di luar sehingga dapat terungkap.

“Tidak semua di Kecamatan, setiap kelurahannya rawan peredaran narkoba, ada kelurahan yang angkanya tidak tinggi. Kalau di Sukmajaya, pertama Abadijaya, Baktijaya, lalu di Sukmajaya,” bebernya.

Dilokasinyang sama, Sekertaris Lurah Abadijaya Suryadi sangat mendukung penuh kegiatan dengan membentuk relawan anti narkoba yang diambil dari tokoh agama maupun tokoh masyarakat yang terdapar di Abadijaya, sehingga akan berjalan efektif dalam menekan bahkan mencegah peredaran gelap narkoba.

“Kami diminta untuk menyiapkan 50 relawan dari berbagai unsur. Tentu kita berharap sua dapat bekerja optimal, sebab ini akan membawa kebaikan pada seluruh warga Abadijaya, terutama generasi penerus, para remaja,” tutur Suryadi di Kantor Kelurahan.

BNN Depok memberi jaminan penuh pada relawan dalam bekerjasama untuk mengungkap kasus peredaran narkoba di wilayahnya. Keamanan setiap identitas para relawan yang melakukan pelaporan ke BNN terkait dalang pengedar narkoba akan dijaga dengan baik. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

tes swap untuk OPD

Pemkot Depok Berlakukan Tes Swab Pada ODP

TES : pelaksanaan Swab Test kepada pedagang di Pasar Cisalak, Kecamatan Cimanggis, beberapa waktu lalu.

Read More...
lahan makam belum digarap

78.362 Meter Persegi Lahan Makam Depok Belum Digarap

BERZIARAH : Warga mengunjungi makam sanak keluarga untuk berziarah di TPU Tanah Baru, Kelurahan Tanah

Read More...
pondok jaya terima PTSL

100 Warga Pondok Jaya Terima PTSL Gelombang 5

SIMBOLIS : Lurah Pondok Jaya Mulyadi saat menyerahkan sertifikat tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis

Read More...

Mobile Sliding Menu