DKUM koperasi cinere
VIDEO CONFERENCE: Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengikuti Video Conference pada peringatan HUT Ke-73 Koperasi tingkat Provinsi Jawa Barat, Minggu (12/07). FOTO : ISTIMEWA
DKUM koperasi cinere
VIDEO CONFERENCE : Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengikuti Video Conference pada peringatan HUT Ke-73 Koperasi tingkat Provinsi Jawa Barat, Minggu (12/07). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, mengikuti Video Conference pada peringatan HUT Ke-73 Koperasi Nasional di tingkat Provinsi Jawa Barat, Minggu (12/07)

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan menuturkan, pada Conference tersebut disampaikan sejumlah arahan serta masukan untuk membangun koperasi di setiap wilayah yang ada di Jawa Barat.

“Ada sejumlah agenda yang dilakukan DKUM Kota Depok pada peringatan hari Koperasi,” ungkap Fitriawan kepada Radar Depok.

Rencananya DKUM Kota Depok akan mengadakan launching toko koperasi di wilayah Kecamatan Cinere. Tempat tersebut sebagai upaya menyediakan kebutuhan keseharian anggota maupun masyarakat sekitar. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan koperasi di bidang perdagangan.

“Saat ini Kota Depok memiliki sekitar 260 koperasi yang terdaftar di DKUM. Di tengah pandemi Covid-19, koperasi juga terkena dampak, khususnya anggota,” terang Fitriawan.

Dampak yang cukup terasa berada di koperasi simpan pinjam, dikarenakan banyak anggota yang belum mampu membayar angsuran pinjamannya.

Terkait hal itu, lanjut Fitriawan, pengurus koperasi diharapkan memiliki solusi yang sesuai dengan kondisi tersebut. Di antaranya, melakukan penundaan angsuran maupun fleksibilitas nilai angsuran.

“Disinilah peran sosial dan kebersamaan dalam berkoperasi akan terlihat,” katanya.

Fitriawan menuturkan, untuk membangkitkan kembali koperasi di tengah Pandemi Covid-19, semua pihak secara bersama berusaha mengikuti protokol kesehatan, sehingga pandemi Covid-19 segera berlalu dan kehidupan kembali normal. Masyarakat dapat bangkit kembali melakukan usaha dan anggota koperasi juga normal kembali menjalankan usaha, atau bekerja guna memperoleh income keluarga.

Selanjutnya, masyarakat dan anggota koperasi tetap semangat, dalam menjalankan usaha atau bisnis di tengah Pandemi maupun new normal nanti. Selain itu, DKUM Kota Depok bersama Dekopinda menggalakkan jaringan usaha koperasi (JUK), salah satunya dengan membuat Toko Koperasi (d’Co Mart).

“Harapannya dapat menggerakkan ekonomi anggota dan menjual berbagai produk UMKM Kota Depok,” tutupnya. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya