Geliat Gusdurian Depok : Gencarkan Gerakan Ketahanan Pangan Tanam Talas, Tanam 10 Ribu Bibit

In Satelit Depok
tahapan pilkada serentak
PROSES : Koordinator Gusdurian Kota Depok Mansyur Al-Farisi saat melakukan penanaman talas di Depok. FOTO : ISTIMEWA

 

Masa Pandemi Covid-19 terus dihadapi dengan optimis dan tanpa henti berinovasi diri. Seperti yang dilakukan Gusdurian Kota Depok yang gencar melakukan aksi ketahanan pangan melalui menanam talas.

Laporan : Ricky Juliansyah

RADARDEPOK.COM – “Salah satu solusi dari terdampaknya ekonomi di masa  Pandemi Covid-19  telah klimaksnya ketahanan pangan.  Melalui talas ketahanan pangan untuk pribadi di rumah mampu menghemat kebutuhan konsumsi beras,”

Demikian yang disampaikan Koordinator Gusdurian Kota Depok Mansyur Al-Farisi usai melakukan penanaman di salah satu kelurahan di Kota Depok.

Awalnya, banyak orang yang menyangsikan penanaman talas di Depok. Namun, berdasarkan pengalamannya masa panen lima bulan menjadikan  talas mudah menanam dan merawatnya.

Talas sendiri dipilih karena  cocok sebagai  urban farming yang tidak membutuhkan  lahan luas. Bahkan menggunakan polibag tanaman tersebut dapat tumbuh.

“Talas itu bisa di tanam di lahan  basah, perkebunan atau lahan sempit. Kalau gerakan sosial tidak  butuh modal besar dan subsidi silang paket cukup murah. Selain enak, olahan talas juga menyehatkan,”paparnya.

Potensi produksi talas memiliki prospek peningkatan ekonomi bagi warga. Pasalnya, olahan talas bisa menjadi kripik,  stick, mie ayam talas dan lainnya. Bahkan, lanjutnya, secara konvensional dikukus atau digoreng juga enak.

“Kalau untuk pemasarannya sangat mudah, selain di lapak-lapak, sentra wisata juga bisa dengan harga bersaing,”terangnya.

Mansur mengaku gerakan yang digagasnya sudah berjalan kurang lebih 3 bulan dalam menangani Covid-19. Bersamaan dengan aksi sosial, pihaknya  juga membagikan talas ke Pesantren.

“Kita gagas jangan malas tanam talas jangan malas makan talas. Kita pelopori 10 pesantren Depok, 11 komunitas Depok, lintas iman ke beberapa gereja. Percontohan di Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan 2000 bibit dan sudah  panen. Sebanyak 5000 bibit talas ke komunitas dan kita kembangkan percontohan kedua  di Bojongsari 3000 bibit Penanaman. Dengan begitu total yang kita sebar 10 ribuan dan ini menjanjikan,” tutupnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

banyak orang masker

Jika Tak Lakukan Ini, Percuma Kenakan Masker Cegah Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Memakai masker menjadi salah satu langkah paling sederhana dan penting yang dapat dilakukan

Read More...
botol vaksin korona

Vaksin Covid-19 Akan Disebar ke Provinsi Ini di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Vaksin virus Korona (Covid-19) sudah siap didistribusikan Pemerintah ke seluruh Indonesia. Menteri

Read More...

Seperti Apa Terpeka yang Dinobatkan Tol Terpanjang di Indonesia

  RADARDEPOK.COM - Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) tercatat masih menjadi jalan tol terpanjang

Read More...

Mobile Sliding Menu