Harjamukti Optimis Tuntaskan Empat Masalah Kesehatan

In Satelit Depok
harjamukti optimis masalah kesehatan
GIAT : Lurah Harjamukti tengah menandatangani perjanjian komitmen lintas sektoral bersama Camat Cimanggis dan Kepala UPTD Puskesmas di aula Kantor Kelurahan Harjamukti, Selasa (30/06). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Empat permasalahan kesehatan yang ada di Harjamukti, yaitu masalah rokok, stunting, TB paru, hingga hipertensi. Namun, pihak Puskesmas optimis permasalahan tersebut akan bisa segera diatasi dengan merangkul seluruh stakeholder yang ada.

Kepala UPTD Puskesmas Harjamukti, Eni Ernawati menuturkan, kegiatan Lokakarya Mini Triwulan lintas sektoral ini bertujuan untuk meminta umpan balik atau feed back dari masyarakat terkait kinerja tim kesehatan yang ada di lingkungan Harjamukti.

“Masih ada empat indikator yang masih berwarna kuning di Harjamukti itu sendiri, di antaranya masalah merokok, stunting yang masih mencapai 40 anak, TB paru 14 orang, dan hipertensi, dengan adanya kegiatan ini, kami meminta masukan kepada masyarakat langkah apa yang tepat untuk kami lakukan dalam memecahkan persoalan yang ada,” tutur Eni.

Tetapi, sambung Eni, empat permasalahan tersebut sudah dilakukan penanganan di antaranya, pasien TB sudah ditangani dan pantau pemberian obatnya, stunting juga sudah dilakukan penanganan secara berkala.

“Namun kalau untuk permasalahan merokok mungkin itu yang rada berat, karena memang itu kembali lagi ke setiap individu masing-masing. Yang jelas kami sudah rutin melakukan sosialisasi dan berbagai pendekatan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan yang ada, bisa mencapai 80 hingga 90persen pada semester kedua ini,” ujarnya.

Sementara Camat Cimanggis, Abdul Rahman menuturkan, kegiatan ini sudah mendapatkan izin dari Dinas Kesehatan Kota Depok, dan tetap mematuhi segala protokol kesehatan yang ada.
Insyallah kami sangat optimis bisa menyelesaikan segala permasalahan kesehatan yang ada, dengan dukungan dari semua pihak.

“Saat ini Puskesmas menjadi rujukan pelayanan kesehatan, mereka sangat bekerja keras namun sudah menunjukan hasil yang luar biasa dengan ditetapkan nya Harjamukti sebagai zona hijau dalam kasus Covid-19 ini. Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh stake holder yang sama-sama berjuang memutus mata rantai penyebaran virus,” tuturnya.

Maka komunikasi lintas sektoral ini menjadi sangat penting, karena memang semuanya saling membutuhkan satu sama lain. Ini merupakan sarana untuk koordinasi dan evaluasi terkait masalah kesehatan yang ada.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberi semangat kepada teman-teman di Puskesmas, untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan, walaupun memang kerja dari Puskesmas Harjamukti saya menilai sudah baik,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Lurah Harjamukti, H. Iwan menyebutkan dalam kegiatan ini hanya 50persen saja yang diundang untuk mengurangi adanya perkumpulan.

“Di awal masuk juga seluruh undangan di cek suhu tubuhnya, wajib menggunakan masker dan cuci tangan, serta acara yang berlangsung juga menerapkan social distancing, sehingga dapat kami pastikan dalam kegiatan kali ini semua mengikuti protokol kesehatan yang ada. Dan tentunya kami berharap, agar permasalahan Covid-19 ini dapat segera terselesaikan dan bisa kembali berkegiatan seperti biasanya,” pungkasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

banyak orang masker

Jika Tak Lakukan Ini, Percuma Kenakan Masker Cegah Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Memakai masker menjadi salah satu langkah paling sederhana dan penting yang dapat dilakukan

Read More...
botol vaksin korona

Vaksin Covid-19 Akan Disebar ke Provinsi Ini di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Vaksin virus Korona (Covid-19) sudah siap didistribusikan Pemerintah ke seluruh Indonesia. Menteri

Read More...

Seperti Apa Terpeka yang Dinobatkan Tol Terpanjang di Indonesia

  RADARDEPOK.COM - Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) tercatat masih menjadi jalan tol terpanjang

Read More...

Mobile Sliding Menu