Hasil Denda Masker Rp7.250.000 Masuk Kas Depok

In Utama
denda masker di angkot 1
KENA DENDA : Warga terjaring razia petugas gabungan karena tidak menggunakan masker di kawasan Simpang Juanda, Jalan Margonda Raya, beberapa waktu lalu. Pemerintah Kota Depok memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker dengan denda Rp50.000. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pantas saja angka positif dan kematian akibat Virus Korona atau Covid-19 di Kota Depok, terus ada. Faktanya, selama tiga hari sejak diberlakukannya Depok Bermasker. Tercatat, ditemukan ratusan pelanggar yang tidak mengenakan masker saat razia.

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Fery Birowo mengatakan, operasi Depok Bermasker tengah dilakukan petugas gabungan, yakni Satpol PP, Dinas Perhubungan, Polrestro Depok, dan Kodim 0508 Depok. Hasilnya, masih ditemukan sejumlah masyarakat yang melanggar Pewal No45 Tahun 2020.

“Masyarakat yang tidak mengenakan masker kami tilang dan diberikan sanksi sesuai Perwal No37 Tahun 2020,” ujar Ferry Birowo kepada Radar Depok, Senin (27/07).

Ferry menjelaskan, selama tiga hari pelaksanaan operasi Depok Bermasker, mulai 23, 24, dan 27 Juli, ditemukan 165 pelanggar. Pelanggar tersebut dikenakan sanksi administratif, namun tidak semua pelanggar dikenakan sanksi administrasi. Tercatat, dari 165 pelanggar, sanksi administrasi denda diberikan sebanyak 145 pelanggar dan sanksi sosial sebanyak 57 pelanggar.

Pelanggar yang diberikan sanksi Satpol PP maupun petugas gabungan, tidak semua dikenakan denda. Terdapat pemberian sanksi sosial berdasarkan asas kemanusian dan kondisi pelanggar. Dia mencontohkan, apabila ditemukan pelanggar tidak mampu membayar atau pedagang dengan memberikan alasan yang rasional, akan diberikan sanksi sosial.

“Kami tidak serta memberikan sanksi denda, namun kami melihat dari sisi kemanusiaan terhadap pelanggar,” terangnya.

Pelaksanaan operasi Depok Bermasker masih dipusatkan di lima titik jalan simpang di Kota Depok. Lokasi tersebut meliputi, Simpang Jalan Siliwangi, Simpang Jalan Juanda, Simpang Jalan Pasar Musi, Simpang Jalan Pintu Tol Kukusan, dan Simpang Jalan KSU Sukmajaya.

Tidak menutup kemungkinan operasi Depok Bermasker akan berpindah lokasi. Hal tersebut terlebih dahulu melihat hasil evaluasi dari operasi Depok Bermasker. Rencananya operasi Depok Bermasker akan dilaksanakan hingga 31 Juli mendatang.

“Pelanggar yang dikenakan sanksi administratif dikenakan denda sebesar Rp50.000,” ucapnya

Ferry mengatakan, uang yang didapat dari sanksi administratif, akan disetorkan atau dibayarkan kepada Bank BJB, yang ikut dalam operasi Depok Bermasker. Nantinya, Bank BJB akan memberikan sanksi tersebut untuk Kas Daerah Kota Depok yang di kelola Badan Kuangan Daerah (BKD) Kota Depok.

Sementara itu, Kepala BKD Kota Depok, Nina Suzana secara singkat mengatakan, belum mengetahui jumlah pemasukan yang sudah diterima Kota Depok, dari pelanggaran sanksi tidak mengenakan masker. Nantinya pembayaran sanksi tersebut akan di masukan pada Kas Daerah Kota Depok.

“Kas Daerah Kota Depok akan digunakan untuk belanja program kegiatan Kota Depok,” singkat Nina Suzana.

Pemerintah Kota Depok memberlakukan sanksi denda kepada pelanggar yang tidak mengenakan masker, sebesar Rp50.000 hingga Rp250.000 ribu. Apabila sanksi tersebut dikenakan sebesar Rp50.000 dan pelanggar yang membayarkan sanksi Administratif sebanyak 145 pelanggar, Pemerintah Kota Depok akan menamdapatkan tambahan anggaran sebesar Rp7.250.000. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

giat katar kecamatan sukmajaya

Giat Katar Sukmajaya : Silaturahmi, Tukar Ide dan Gagasan

REMAJA PRODUKTIF : Seluruh jajaran Katar Kecamatan Sukmajaya dan Katar Kelurahan Sukmajaya saat foto bersama

Read More...
pelatihan berbasis kompetensi kecamatan bojongsari

Pelaku IKM Bojongsari Diberi Pelatihan

BERI PELATIHAN : Camat Bojongsari, Dede Hidayat (tengah) didampingi Kasi Ekbang Kelurahan Bojongsari, Aryo Gusprianto

Read More...
TPH live streaming

TPH Sediakan Live Streaming

PEMERIKSAAN KESEHATAN : Petugas medis melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Tempat Pemotongan Hewan Kurban

Read More...

Mobile Sliding Menu