KOOD Wacanakan Rumah Betawi di Jalan Merdeka

In Satelit Depok
kood wacanakan rumah betawi
LESTARIKAN BUDAYA : Pengurus KOOD Kecamatan Sukmajaya saat berbincang membahas rencana mendirikan Rumah Betawi Depok demi pelestarian budaya di Kota Depok, di kediaman Ketua RT 05/01 Idrus di Jalan Merdeka, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Mengenalkan kebudayaan asli Kota Depok, Kumpulan Orang-Orang  Depok (KOOD) Sukmajaya berencana akan mendirikan Rumah Depok Betawi di Jalan Merdeka, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya.

Ketua KOOD Sukmajaya, H Mulyana menerangkan, adanya Rumah Depok Betawi itu masih dalam perencanaan pihaknya, yang tentunya harus dibantu berbagai pihak, baim masyarakat maupun Pemerintah Kota sebab tujuannya menjaga kelestarian budaya kita.

“Niat baik saya seperti itu. Saya yakin kalau diniatkan secara bersama dari berbagai unsur tentukan akan berdiri Rumah itu,” terang Mulyana kepada Radar Depok, Rabu (1/7).

Setelah Rumah Depok Betawi  rampung, la melanjutkan, akan ada pengembangan serta pelestarian, seperti kuliner, kemungkinan pencak silat, pakaian adat, serta lenong. Bagi pengurus serta anggota juga akan bersilaturahmi baik dengan warga maupun elemen masyarakat lainnya.

“Itu kan Rumah, milik bersama warga Depok. Disana akan banyak belajar tentang kebudayaan Kota Depok,” ungkap Haji Nana –sapaannya-.

Di lokasi yang sama, Ketua RT05/01, Idrus yang juga aktif di keanggotaan KOOD Sukmajaya melihat ini sebagai peluang bagi Kota Depok untuk mengenalkan dan melestarikan kebudayaannya, dengan percaya diri yang lebih tentunya.

Sampai saat ini, Lanjut Idrus di kepengurusan juga sedang berusaha bisa merealisasikan Rumah Betawi Depok agar bisa berdiri, baik ke pihak Aset Pemerintah, pihak Badan Keuangan Daerah (BKD), sampai pihak Satpol PP dan lainnya.

“Kita doakan saja biar bisa segera berdiri. Bisa menjadi energi positif bagi masyarakat, tentunya pertama Kota Depok,” tutup Idrus. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

banyak orang masker

Jika Tak Lakukan Ini, Percuma Kenakan Masker Cegah Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Memakai masker menjadi salah satu langkah paling sederhana dan penting yang dapat dilakukan

Read More...
botol vaksin korona

Vaksin Covid-19 Akan Disebar ke Provinsi Ini di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Vaksin virus Korona (Covid-19) sudah siap didistribusikan Pemerintah ke seluruh Indonesia. Menteri

Read More...

Seperti Apa Terpeka yang Dinobatkan Tol Terpanjang di Indonesia

  RADARDEPOK.COM - Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) tercatat masih menjadi jalan tol terpanjang

Read More...

Mobile Sliding Menu