Kota Depok : 12 Positif, 12 Sembuh

In Utama
walikota depok pakai masker CFD
Walikota Depok, Mohammad Idris.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Warga Depok masih harus tetap waspada, dan tetap terapkan protokol kesehatan. Jumat (3/7), Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, mencatat masih ada penambahan pasien positif dan sembuh Virus Korona.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Pemerintah Kota Depok menerima kasus konfirmasi positif sebanyak 12 kasus. Penambahan tersebut berasal dari tindaklanjut program rapid test Kota Depok. Kemudian ditindaklanjuti dengan Swab dan PCR di Laboratorium RS UI sebanyak 11 kasus.

“Satu kasus lainnya merupakan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta,” ujar Mohammad Idris kepada Radar Depok, Jumat (3/7).

Idris mengungkapkan, kasus konfirmasi yang mengalami kesembuhan bertambah 12 orang menjadi 556 orang atau 69,92 persen, dari seluruh kasus konfirmasi positif yang ada di Kota Depok. Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) yang selesai pemantauan bertambah 27 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak tujuh orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), yang selesai pengawasan bertambah 2 orang.

Sementara, PDP yang meninggal berjumlah  116 orang, tidak terdapat penambahan dibanding hari sebelumnya. Status PDP, tersebut merupakan pasien yang belum dapat dinyatakan positif maupun negatif, karena harus menunggu hasil PCR. “Datanya hanya dikeluarkan oleh PHEOC (Public Health Emergency Operating Center) Kemenkes RI,” terang Walikota Depok ini.

Informasi terpisah, kasus Covid-19 di tanah air masih bertambah. Dalam 24 jam terakhir, Jumat (3/7), kasus baru bertambah 1.301 positif Covid-19. Dan kini total kasus positif seluruhnya sudah sebanyak 60.695 orang.

Angka meninggal akibat Covid-19 di Indonesia juga masih bertambah. Angka harian selalu mengumumkan puluhan angka kematian. Hari ini, bertambah 49 jiwa sehingga menjadi 3.036 angka kematian.

Jika dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya, menurut data Worldometers, Malaysia mencatat 121 kasus kematian, Thailand 58, Filipina 1.274 dan Singapura hanya 26 kematian. Namun dari data lonjakan jumlah kasus baru dan kasus kematian, pemerintah mengklaim kapasitas rumah sakit masih mencukupi.

“Dari semua kasus yang didapatkan tak semuanya harus dirawat sehingga kapasitas masih separuh. Kapasitas RS yang terisi masih 55,5 persen,” kata Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers Jumat (3/7).

Jumlah tersebut diperiksa dari spesimen harian sebanyak 22.281. Sehingga totalnya sudah sebanyak 871.436 kasus.

Total sebaran kasus positif terbanyak di 5 provinsi. Jawa Timur 353 kasus positif, 247 sembuh. Sulawesi Selatan 180 kasus, 41 sembuh. Jakarta 140 kasus positif, 238 sembuh. Jawa Tengah 134 kasus positif, dan 50 sembuh. Kalimantan Selatan 110 kasus positif, dan 28 sembuh.

“Ada 16 provinsi yang meaporkan penambahan di bawah10 kasus. Dan 6 provinsi nol kasus,” kata Yurianto.

Dan sejunlah provinsi justru melaporkan kasus sembuh lebih banyak seperti Nusa Tenggara Timur, Banten, Maluku, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah. Kasus sembuh bertambah 901 orang sehingga totalnya sudah 27.568 kasus sembuh

Kasus terdampak di 453 kabupaten kota. Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 38.767 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 13.609 orang. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

banyak orang masker

Jika Tak Lakukan Ini, Percuma Kenakan Masker Cegah Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Memakai masker menjadi salah satu langkah paling sederhana dan penting yang dapat dilakukan

Read More...
botol vaksin korona

Vaksin Covid-19 Akan Disebar ke Provinsi Ini di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Vaksin virus Korona (Covid-19) sudah siap didistribusikan Pemerintah ke seluruh Indonesia. Menteri

Read More...

Seperti Apa Terpeka yang Dinobatkan Tol Terpanjang di Indonesia

  RADARDEPOK.COM - Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) tercatat masih menjadi jalan tol terpanjang

Read More...

Mobile Sliding Menu