OKP Depok Dukung Perda Kepemudaan

In Politika
dukung perda kepemudaan
SEMINAR : Tangkapan layar saat Webinar Series Pertama BBHAR dengan tema ‘Bagaimana Masa Depan Pemuda Kota Depok? Perlukah Perda Kepemudaan?’, Senin (29/06). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Organisasi Kepemudaan (OKP) di Kota Depok mendukung Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kepemudaan, yang dimasukan dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) DPRD Kota Depok 2021.

Kepala Badan Bantuan Hukum Advokasi Rakyat (BBHAR) DPC PDI Perjuangan Kota Depkoi, Sean Matthew mengatakan, pihaknya mengadakan Webinar Series Pertama BBHAR dengan tema ‘Bagaimana Masa Depan Pemuda Kota Depok? Perlukah Perda Kepemudaan?’, Senin (29/06).

“Dalam Webinar itu, pemuda-pemudi yang hadir sepakat untuk mengkonsolidasikan lebih lanjut untuk memperjuangan Perda tentang Kepemudaan di Kota Depok.  DPD KNPI Kota Depok siap untuk memfasilitasi dan BBHAR PDI Perjuangan Kota Depok siap untuk membantu,” tutur Sean kepada Radar Depok, Rabu (1/7).

Ia menjelaskan, argumentasi mendukung perlu adanya Perda Kepemudaan di Kota Depok, yakni ukuran dari program, tujuan dan sebagainya, misalnya Kota Layak Pemuda. Kemudian, penyesuaian kebutuhan Kota Depok, seperti edukasi hukum.

“Juga kepastian hukum (pengertian, pencatatan administrasi dan sebagainya), misalnya pendaftaran komunitas pemuda di Kota Depok,” jelasnya.

Selain itu, juga perintah dan tanggungjawab berdasarkan Undang-Undang (Azas kebersamaan Pasal 2 Huruf H UU Kepemudaan, Hak setiap Pemuda (Pasal 20) mendapat perlindungan, khsusunya dari pengaruh destruktif.

“Juga pendanaan dari APBD, misalnya pasal 25 Ayat 1 dan 2 a. Perda Kota Bogor nomor 15 Tahun 2019,” paparnya.

Sean pun mengungkapkan, di Kota Bogor, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Jawa Barat yang telah memiliki Perda tentang Kepemudaan. Sementara, di Kota Depok sendiri belum ada Perda terkait itu.

“Terakhir hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membuat kerangka Perda tentang Kepemudaan. Selanjutnya, BBHAR PDI Perjuangan Kota Depok akan melanjutkan webinar serupa dengan isu-isu yang kontekstual di Kota Depok,” pungkas Sean.

Webinar yang berlangsung cair dan disambut antusias orang-orang yang berkecimpung di Okp, seperti Ketua KNPI Kota Depok, Bobby Harahap, Ketua Sapma Pemuda Pancasila, Elsa, perwakilan dari GP Anshor Gus Ruby. (rd/cky)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

banyak orang masker

Jika Tak Lakukan Ini, Percuma Kenakan Masker Cegah Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Memakai masker menjadi salah satu langkah paling sederhana dan penting yang dapat dilakukan

Read More...
botol vaksin korona

Vaksin Covid-19 Akan Disebar ke Provinsi Ini di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Vaksin virus Korona (Covid-19) sudah siap didistribusikan Pemerintah ke seluruh Indonesia. Menteri

Read More...

Seperti Apa Terpeka yang Dinobatkan Tol Terpanjang di Indonesia

  RADARDEPOK.COM - Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) tercatat masih menjadi jalan tol terpanjang

Read More...

Mobile Sliding Menu