Operasi Patuh Jaya Hari Pertama : 315 Ditilang, 452 Ditegur

In Metropolis
operasi patuh jaya hari pertama
SOSIALISASI : Anggota Satlantas Polrestro Depok melakukan sosialisasi Operasi Patuh Jaya 2020 kepada pengendara, Jumat (24/07). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Satlantas Polrestro Depok menilang sebanyak 315 pengendara yang terjaring Operasi Patuh Jaya 2020 pada hari pertama, Kamis (23/07). Tidak semuanya ditilang. Ada 452 pengendara yang kena teguran.

Kasat Lantas Polrestro Depok, Kompol Erwin Aras Genda mengatakan, mayoritas pelanggar ialah pengemudi roda dua. Biasa, karena tudak pakai helm atau lawan arus. Sekali pakai helm, ada juga yang tidak Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Selama satu hari penuh pelaksanaan Operasi Patuh Jaya di hari pertama kemarin, ada 315 pelanggar yang ditilang, lalu teguran sebanyak 452,” ujarnya, Jumat (24/07).

Ia ingin, dari Operasi Patuh Jaya, pengendara bisa lebih sadar akan pentingnya mematuhi aturan berlalu lintas. Ujung-ujungnya untuk keselamatan diri.

“Paling banyak (pelanggaran) pengendara motor tidak berhelm SNI. Dapat membahayakan pengendara sendiri jika terjadi sesuatu hal tidak diinginkan. Misalnya kecelakaan,” terangnya.

Lebih lanjut, sambung dia, Operasi Patuh Jaya akan berlangsung sampai 5 Agustus. Pihaknya menurunkan 250 personel gabungan, baik dari Polri, TNI, dan Dishub Kota Depok.

Nantinya, anggota akan ditempatkan sejumlah titik. Namun secara fleksibel di daerah yang kerap terjadi pelanggaran berlalu lintas, kemacetan, dan kecelakaan.

“Apabila ditemukan pelanggaran anggota akan memberikan tindakan berupa penilangan,” ucap dia.

Dai menambahkan, anggota akan melakukan penindakan kepada pengguna kendaraan yang tidak mengenakan helm, sabuk pengaman, melanggar marka, dan pelanggaran lainnya. Untuk kecelakaan lalu lintas, data yang dihimpun Satlantas Polres Metro Depok, dalam sebulan terjadi tiga peristiwa kecelakaan.

Kecelakaan lalu lintas di Kota Depok masih dalam rata-rata. Namun, kecelakaan yang terjadi diakibatkan pelanggaran, seperti marka jalan, lampu merah, hingga kecepatan dalam berkendara, sehingga terjadi out off control.

“Tujuan Operasi Patuh Jaha ini untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan lebih menumbuhkan rasa tertib di jalan,” pungkasnya. (rd/jun)

 

Jurnalis : Junior Williandro

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Pemilihan ketua pokdarwis situ cilodong

Pokdarwis Situ Cilodong Miliki Pengurus Baru

SINERGI : Ketua Pokdarwis terpilih Rakimin saat foto bersama dengan Lurah Kalibaru Zaenur Ahmad dan

Read More...

Islam itu Berdamai dengan Hukum

  Oleh: K.H. A. Mahfudz Anwar Ketua MUI Kota Depok   ISLAM itu merupakan aturan hidup yang paling lengkap dan sempurna. Secara nyata

Read More...
pejabat first media

Pertumbuhan Pelanggan Baru First Media Jabodetabek – Banten Meningkat 35 Persen 

Head of Division, Strategic Sales and Operation PT Link Net Tbk Iwan Heryanto.   RADARDEPOK.COM, DEPOK –

Read More...

Mobile Sliding Menu