Peserta JKN-KIS Kini Bisa Skrining Covid-19

In Metropolis
peserta JKN KIS skrining korona
KEMBANGKAN FITUR : Sebagai badan layanan publik, BPJS Kesehatan mengembangkan fitur Skrining Mandiri Covid-19 pada aplikasi Mobile JKN. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebagai badan layanan publik, BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan manfaat kepada masyarakat. Untuk itu, saat ini BPJS Kesehatan juga turut aktif dalam mendukung penekanan perkembangan Covid-19, salah satunya dengan mengembangkan fitur Skrining Mandiri Covid-19 pada aplikasi Mobile JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Elisa Adam mengungkapkan bahwa fitur Skrining Mandiri Covid-19 pada aplikasi Mobile JKN dikembangkan sebagai sarana deteksi dini Covid-19 bagi peserta JKN-KIS. Menurutnya, dari hasil skrining tersebut, peserta JKN-KIS akan dapat melihat apakah berpotensi rendah atau tinggi terhadap penularan Covid-19.

“Dengan adanya fitur Skrining Mandiri Covid-19, maka peserta JKN-KIS dapat melakukan skrining tanpa harus keluar rumah. Namun karena ini merupakan skrining mandiri, maka data harus diisi sejujur-jujurnya oleh peserta,” ujar Elisa, Senin (20/07).

Elisa mengungkapkan bahwa terdapat beberapa pertanyaan yang harus diisi oleh peserta. Mulai dari suhu tubuh atau apakah peserta mengalami demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak napas, diare, mual, hingga pertanyaan tentang riwayat penyakit peserta. Selain itu, peserta juga akan ditanya terkait riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir, serta pertanyaan terkait kontak dengan orang yang dikonfirmasi Covid-19.

“Setelah semua pertanyaan tersebut diisi, maka hasilnya akan langsung dapat dilihat. Jika beresiko rendah, maka peserta disarankan untuk tetap tinggal dirumah saja, cuci tangan dengan sabun, makan makanan bergizi, dan melakukan olahraga secara teratur. Namun jika beresiko tinggi, maka peserta diharapkan untuk segera melakukan pemeriksaan lanjutan di fasilitas kesehatan,” ujar Elisa.

Elisa mengimbau kepada seluruh peserta JKN-KIS untuk segera mengunduh aplikasi Mobile JKN yang tersedia di playstore dan appstore, sehingga dapat melakukan skrining Covid-19. Selain itu, aplikasi Mobile JKN juga menyediakan beragam fitur yang dapat memudahkan peserta JKN-KIS dalam mengurus berbagai keperluan yang berkaitan dengan Program JKN-KIS.

Sementara itu, peserta JKN-KIS asal Kota Depok Riki Adityantoro mengungkapkan merasa terkesan dengan adanya fitur Skrining Mandiri Covid-19 pada aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, ia sangat terbantu dengan adanya aplikasi tersebut. Ia bahkan merasa lebih aman setelah melakukan skrining melalui aplikasi Mobile JKN dengan hasil berpotensi rendah.

“Sejujurnya saya baru mengetahui kalau ada fitur Skrining Mandiri Covid-19 pada aplikasi Mobile JKN. Padahal saya sudah lama mengunduh aplikasi Mobile JKN. Ketika saya mencoba untuk menggunakan ternyata sangat bagus. Saya juga menjadi merasa tenang setelah melakukan skrining. Kedepannya saya akan rutin melakukan skrining menggunakan aplikasi Mobile JKN,” ujar Riki.

Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi care center 1500400 selama 24 jam atau bisa diakses www.bpjs-kesehatan.go.id. Bisa juga membuka atau bertanya di media sosial Facebook BPJS Kesehatan, Twitter @BPJSKesehatanRI, Instagram bpjskesehatan_ri, You Tube BPJS Kesehatan dan Kaskus bpjskesehatan. (DT/mr)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ulama ke idris imam

Persatuan Ulama-Habaib Depok Beri Restu Idris-Imam

DEKLARASI : Dihadiri Paslon Nomor Urut 2 dan elit partai Koalisi TAS, Persatuan Ulama dan

Read More...
penghargaan naik tingkat

Sanggar Ayodya Pala : Siswa Ujian Kenaikan Tingkat Raih Penghargaan

RAIH PENGHARGAAN : Sejumlah siswa Sanggar Ayodya Pala yang telah mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat mendapatkan

Read More...
jatijajar repot urus administasi

Beredar Foto Spanduk ‘Ganti Lurah Jatijajar’

MUNDUR : Ketua RT dan RW, di lingkup RW2, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, mundur serentak

Read More...

Mobile Sliding Menu