PSBB Depok Diperpanjang Sampai 16 Juli

In Utama
ridwan kamil sambutan berdiri
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Hari ini Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional Kota Depok usai. Melihat tren reproduksi Virus Korona atau Covid-19 yang masih tinggi. Akhirnya, Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, memperpanjang PSBB di Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) selama 14 hari.

Kang Emil -sapaan akrab Ridwal Kamil- mengatakan, perpanjangan PSBB ini tak terleps dari kajian epidemiologi Covid-19 yang masih fluktuatif. Menurut dia, berdasarkan evaluasi, sebetulnya Kota dan Kabupaten Bogor, Bekasi angka reproduksi Covid-19 sudah di bawah satu. Namun, Depok masih tinggi. Karena wilayahnya saling berdekatan, maka daerah tersebut akan tetap melaksanakan PSBB selama 14 hari.

“Kesimpulannya PSBB Proporsional Bodebek diperpanjang 14 hari, dari catatan epidomelogi kita, kabupaten dan Kota Bogor, Depok, Bekasi masih zona kuning,” kata Kang Emil dalam keterangannya yang diterima Radar Depok, Rabu (1/7).

Gubernur belum punya keyakinan untuk melakukan relaksasi. Mengingat, epidemologi dengan Jakarta masih dinamis, fluktuatif dan belum bisa terprediksi terkendali. Berbeda halnya dengan yang non-bodebek terkendali. “Jadi Bodebek perlu diperpanjang. Semoga dalam 14 hari zona yng semula kuning jadi hijau,” terangnya.

Sementara, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pada 2 Juli PSBB Proposional Kota Depok akan berakhir. Namun, Pemerintah Kota Depok belum dapat menentukan terkait perpanjangan PSBB Proposional dan menunggu keputusan Gubernur Jawa Barat. Sesuai hasil evaluasi Gugus Tugas Provinsi Jawa Barat dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat, pada 1 Juli 2020, PSBB Proporsional Wilayah Bodebek akan diperpanjang. Periode waktu yang akan ditentukan dalam Keputusan Gubernur Jawa Barat.

“Kami masih menunggu keputusan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ujar Mohammad Idris kepada Radar Depok, Rabu (1/7).

Idris menjelaskan, Pemerintah Kota Depok akan mengikuti kebijakan perpanjangan masa PSBB Proporsional wilayah Bodebek. Sesuai dengan level kewaspadaan saat ini, yaitu Level 3 bersama dengan daerah Bodebek lainnya. Untuk itu, keputusan perpanjangan PSBB Proposional yang akan diberikan pada 2 Juli.

Dia mengungkapkan, penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak lima kasus. Penambahan tersebut berasal dari tindaklanjut program rapid test Kota Depok. Kemudian dengan Swab dan PCR di Laboratorium RS UI sebanyak lima kasus. “Untuk kasus konfirmasi yang sembuh bertambah 15 orang menjadi 537 orang atau 69,38 persen dari seluruh kasus konfirmasi positif di Kota Depok,” jelas pria yang juga menjabat Walikota Depok ini.

Walikota menuturkan, Orang Tanpa Gejala (OTG) yang selesai pemantauan bertambah 11 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 13 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang selesai pengawasan bertambah tujuh orang. PDP yang meninggal berjumlah 116 orang, terdapat penambahan dibanding hari sebelumnya, yakni satu orang. Berdasarkan data pada 1 Juli 2020, persentase kesembuhan di Kota Depok saat ini sudah mencapai 69,38 persen.

Beberapa Kecamatan yang tingkat kesembuhannya tinggi yakni, Kecamatan Sukmajaya 99 orang, Kecamatan Cimanggis 98 orang, Kecamatan Pancoranmas 78 orang, Kecamatan Tapos 53 orang, Kecamatan 49 orang, Kecamatan Sawangan 36 orang, Kecamatan Limo 31 orang, Kecamatan Bojongsari 28 orang, Kecamatan Cipayung 25 orang Kecamatan Cilodong 21 orang.

“Untuk Kecamatan Cinere 19 orang,” tutup Mohammad Idris. (rd/dic/hmi)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto (IG : @iky_slank), Fahmi Akbar (IG : @akbar.fahmi.71)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

banyak orang masker

Jika Tak Lakukan Ini, Percuma Kenakan Masker Cegah Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Memakai masker menjadi salah satu langkah paling sederhana dan penting yang dapat dilakukan

Read More...
botol vaksin korona

Vaksin Covid-19 Akan Disebar ke Provinsi Ini di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Vaksin virus Korona (Covid-19) sudah siap didistribusikan Pemerintah ke seluruh Indonesia. Menteri

Read More...

Seperti Apa Terpeka yang Dinobatkan Tol Terpanjang di Indonesia

  RADARDEPOK.COM - Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) tercatat masih menjadi jalan tol terpanjang

Read More...

Mobile Sliding Menu