Rizki Dorong KWT Depok Budidaya Lidah Buaya

In Metropolis
Rizki Apriwijaya
Rizki Apriwijaya.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya tengah melakukan pendekatan dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Depok untuk membudayakan lidah buaya.

Politikus yang juga pengusaha ritel ini mengungkapkan, lidah buaya menjadi salah satu bahan penting dengan berbagai manfaat yang dimiliki, tanaman dengan nama latin Aloe Vera ini menjadi komiditi tanaman yang  laris serta banyak dicari di dunia.

“Permintaan lidah buaya memang terus meningkat dari waktu ke waktu,” tutur Rizki kepada Radar Depok usai meninjau budidaya lidah buaya di Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Minggu (6/7).

Ia menjelaskan, tanaman lidah buaya banyak dibutuhkan berbagai perusahaan besar baik untuk kecantikan dan pengobatan. Kemudian, lidah buaya memiliki nilai ekonomis  cukup tinggi dan tumbuh subur di daerah Indoenesia yag beriklim tropis. Sehingga, peluang usaha budidaya lidah buaya memang sangat menguntungkan.

“Selain untuk kecantikan dan obat, lidah buaya juga banyak dimanfaatkan menjadi olahan berbagai makanan dan minuman. Hal ini menjadikan prospek usaha budidaya lidah buaya semakin cerah dan menguntungkan,” jelasnya.

Karenanya, Rizki pun menilai, peluang keuntungan yang diraih dengan menekuni bisnis lidah buaya sangat besar. Sementara, pemasaran dan budidaya sendiri terbilang mudah, tak butuh perawatan secara insentif dan hama pengganggu cukup minim.

“Budidaya lidah buaya pun tidak membutuhkan modal besar. Bahkan, untuk lahannya sendiri, tidak memerlukan lahan yang luas dan di pekarangan rumah pun dapat dibudidayakan,” terangnya.

Melihat potensi tersebut, Rizki pun akan menggandeng KWT yang ada di Depok untuk membudidayakan lidah buaya. “Depok kan memiliki banyak KWT, jadi bisa kita lakukan pendekatan dulu untuk menanam lidah buaya. Nanti saya coba dorong ke provinsi, untuk pelatihan penanaman, pemasaran atau pengemasannya. Sehingga, KWT pun dapat berdaya,” pungkasnya. (rd/cky)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

banyak orang masker

Jika Tak Lakukan Ini, Percuma Kenakan Masker Cegah Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Memakai masker menjadi salah satu langkah paling sederhana dan penting yang dapat dilakukan

Read More...
botol vaksin korona

Vaksin Covid-19 Akan Disebar ke Provinsi Ini di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Vaksin virus Korona (Covid-19) sudah siap didistribusikan Pemerintah ke seluruh Indonesia. Menteri

Read More...

Seperti Apa Terpeka yang Dinobatkan Tol Terpanjang di Indonesia

  RADARDEPOK.COM - Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) tercatat masih menjadi jalan tol terpanjang

Read More...

Mobile Sliding Menu