Saring Peserta Penilaian Lomba 3R

In Metropolis
lomba 3R DLHK depok
PEMAPARAN : Sejumlah peserta mengikuti Lomba 3R yang dilgelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok secara virtual, Selasa (30/06). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, kembali menggelar penilaian lomba Reuse, Reduce, Recycle (3R). Pada tahap kedua, DLHK Kota Depok menilai pemaparan yang diberikan kepada 10 peserta melalui virtual, Selasa (30/6).

Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, lomba 3R merupakan rangkaian dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Depok.

Sebelumnya, DLHK Kota Depok telah melakukan penyeleksian peserta lomba tahap pertama pada 22 Juni. Untuk tahap kedua sebanyak 10 peserta telah terjaring dalam memberikan pemaparan.

“10 peserta memaparkan konsep pada lomba 3R,” ujar Ety Suryahati kepada Radar Depok.

Ety menjelaskan, melalui virtual Zoom peserta memaparkan terkait gagasan yang disampaikan kepada dewan juri. Menurutnya, terdapat sejumlah kriteria yang mendapatkan nilai, seperti administrasi, kreatifitas prestasi, inovasi produk, inovasi pengembangan bank sampah, hingga kekompakan maupun solidaritas.

Ety mengatakan, kader bank sampah dapat memberikan sesuatu atau menjadi menjadi penggerak lingkungan. Dengan begitu, sampah di lingkungan masyarakat berkurang, saat petugas DLHK Kota Depok membawa sampah ke TPA Cipayung.

Dari penilaiannya, peserta memiliki kegiatan dan program yang mumpuni. Peserta dapat menjadi bagian dan garda terdepan dalam melakukan inovasi dan sosialisasi kepada masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Ia mengaku, lomba 3R sempat mengalami penundaan. Hal itu dikarenakan terjadinya pandemi Covid-19 di Kota Depok. Namun begitu, sebanyak 15 peserta tetap mendaftar dan mengikuti seleksi yang diberikan DLHK Kota Depok pada lomba 3R. Antusiasnya peserta lomba yang mendorong DLHK Kota Depok menggelar kembali lomba 3R dan terjaring 10 peserta, masuk tahap kedua penilaian.

Rencananya, peserta yang lolos pada tahap kedua akan dilakukan penilaian kembali pada tahap ketiga, dilaksanakan pada 9 Juli. Mengingat masa pandemi Covid-19 di Kota Depok, pada penilaian tahap ketiga peserta yang lolos diminta mengirimkan video kegiatan bank sampah melalui aplikasi Zoom. Walaupun konsep lomba berubah menjadi virtual, namun tidak mengurangi semangat peserta dalam berlomba dan berkarya. Ia meminta, peserta lomba yang memiliki ide dan gagasan konsep dapat mengimplementasikan di tengah masyarakat.

“Seharusnya pada tahap ketiga dilakukan langsung di lapangan, namun karena situasi masih Covid-19 jadi hanya dapat melalui virtual,” tutupnya. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

banyak orang masker

Jika Tak Lakukan Ini, Percuma Kenakan Masker Cegah Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Memakai masker menjadi salah satu langkah paling sederhana dan penting yang dapat dilakukan

Read More...
botol vaksin korona

Vaksin Covid-19 Akan Disebar ke Provinsi Ini di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Vaksin virus Korona (Covid-19) sudah siap didistribusikan Pemerintah ke seluruh Indonesia. Menteri

Read More...

Seperti Apa Terpeka yang Dinobatkan Tol Terpanjang di Indonesia

  RADARDEPOK.COM - Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) tercatat masih menjadi jalan tol terpanjang

Read More...

Mobile Sliding Menu