UPTD TPA Cipayung Matangkan DED RDF

In Metropolis
sisa kapasitas TPA cipayung
SUDAH OVERLOAD : Pekerja menggunakan alat berat saat mengangkat sampah di TPA Cipayung, Kecamatan Cipayung yang sudah overload melebihi kapasitas penampungan sampah. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Unit Pelaksanan Teknis Dinas (UPTD) Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, berinovasi memanfaatkan sampah di lokasi tersebut. Rencananya, UPTD TPA Cipayung mengolah limbah menjadi bahan bakar dalam pengolahan semen, Senin (27/07).

Kepala UPTD TPA Cipayung, Ardan Kurniawan mengatakan, sampah TPA Cipayung maupun limbah lainnya, akan dimanfaatkan menjadi energi. Nantinya limbah tersebut akan menggunakan teknologi Refuse Derived Fuel (DRF), dari pengelolaan sampah di UPTD TPA Cipayung.

“Kami akan menerapkan inovasi pengelolaan sampah menggunakan teknologi DRF,” ujar Ardan kepada Radar Depok, Senin (27/07).

Ardan menjelaskan, untuk menyukseskan rencana tersebut, pihaknya tengah membuat Detail Engineering Design (DED). Apabila DED telah selesai dibuat, akan dilakukan pengerjaan fisik sehingga dapat mewujudkan inovasi tersebut. Ia memperkirakan, pada 2021 inovasi DRF dapat dilakukan di UPTD TPA Cipayung.

Sampah limbah yang dihasilkan dari limbah industri, limbah padat kota, dan limbah komersial, dapat diolah menjadi bahan bakar karena menghasilkan briket. Bahan bakar tersebut dapat digunakan operasional alat pabrik, karena bahan bakar tersebut dapat menggantikan batu bara.

“Kami akan bekerjasama dengan pabrik semen, karena Kota Depok berdekatan dengan pabrik semen di wilayah Gunung Putri, Kabupaten Bogor,” terangnya.

Ia melanjutkan, pengolahan sampah menggunakan inovasi FDR sangat dibutuhkan. Hal itu dapat mengurangi volume sampah di TPA Cipayung yang sudah mendekati overload. Sehingga apabila inovasi tersebut terwujud, sampah dapat segera diolah dan terjadi pengurangan sampah.

“Semoga inovasi FDR dapat segera terwujud sehingga dapat mengurangi volume sampah TPA Cipayung,” tutupnya. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

keterangan dari RS HGA

RS HGA dan Pasien Berujung Damai

DAMAI : Tim media info Depok, suami nyonya R, Direktur RS HGA Lely Setiawan, berfoto

Read More...
bendera dari bansos presiden

Kreasi Warga RT1/3 Bedahan Sambut HUT Ke-75 RI : Ciptakan Bendera Panjang Berbahan Tas Banpres

KREATIF : Pengendara melintas di bawah bendera merah putih yang dibuat dengan menggunakan tas bansos

Read More...
undian luwak white coffe 2

30 Orang Raih Hadiah Umrah Luwak White Koffie

HADIAH UMRAH : Key Acxount Manager PT Java Prima Abadi, Robert Adrian Purnomo bersama Ustadz

Read More...

Mobile Sliding Menu