6 Alasan Planet Mars Tidak Bisa Ditinggali

In Utama
venzha christ 1
Venzha Christ saat mengikuti Mars Dessert Research Station (MDRS) Utah, Amerika pada 2018

 

RADARDEPOK.COM – Penggiat astronomi dan sains antariksa asal Yogyakarta, Venzha Christ, memaparkan penjelasan ilmiah perihal alasan Planet Mars tidak layak dihuni manusia.

Perlu diketahui, Venzha Christ merupakan orang pertama dari Indonesia yang mengikuti proyek simulasi hidup di Planet Mars. Tepatnya, di Mars Dessert Research Station (MDRS) Utah, Amerika pada 2018.

Tidak hanya itu, ia juga terlibat dalam proyek Simulation of Human Isolation Research for Antarctica-based Space Engineering (SHIRASE) Jepang pada 2019. Proyek ini untuk mempelajari dan mengetahui secara rinci tantangan dan kendala yang akan dihadapi manusia jika ingin menginvasi Planet Mars.

“Saya tidak setuju dengan proyek besar dari peradaban manusia bumi saat ini untuk menjadikan Mars sebagai Bumi kedua, apalagi dengan rencana membuat koloni manusia di sana, akan tetapi saya sangat mendukung untuk membangun sebuah laboratorium raksasa untuk kepentingan dan kemajuan sains antariksa bagi kelangsungan peradaban manusia bumi, jadi itu sebabnya saya mengiyakan tawaran MARS Society saat itu,” ujar Venzha Christ.

Direktur Internasional Space Science Society (ISSS) ini membagi ke dalam enam alasan ilmiah yang menyatakan Mars tidak layak untuk proyek mengkoloni manusia.

1. Lapisan udara yang sangat tipis dan beracun

Lapisan atmosfer di planet Bumi terdiri dari 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen, dan satu persen kumpulan gas. Sementara, Planet Mars memiliki kandungan karbondioksida sebanyak 96 persen yang artinya kandungan tersebut sangat beracun bagi entitas manusia. Terlebih, sisa lapisan atmosfernya memiliki kandungan lain seperti, kumpulan gas argon, nitrogen, dan gas berbahaya lainnya.

“Selain itu perbandingan lapisan atmosfer Bumi 100 kali lebih padat daripada lapisan atmosfer Mars yang akan menjadikan manusia akan sangat kesulitan untuk bernafas dengan baik dan akan mengalami kematian dengan cepat bila tidak dilengkapi dengan peralatan yang memadai serta akan berpengaruh pada organ-organ dalam manusia jika terjadi kebocoran pada cadangan oksigen yang dibawa dari Bumi,” ucap Venzha Christ.

1 of 4

You may also read!

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida

Istri Walikota Depok Positif Covid-19

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Awan mendung seakan menghiasi langit PKK

Read More...
Robot ikut sosialisasi masker

Berkostum Robot, Polsek Cimanggis Hebohkan Sosialisasi Masker

UNIK : Anggota Polsek Cimanggis adakan sosialisasi masker dengan menggunakan kostum unik, di depan kantor

Read More...
banyak baliho calon walikota

Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Depok Mulai Hiasi Margonda

TERPAMPANG : Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota mulai menghiasi Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji,

Read More...

Mobile Sliding Menu