64.250 Peserta Serbu SIMAK UI

In Pendidikan
peserta serbu Simak UI
BERSEMANGAT : Sejumlah siswa berkebutuhan khusus mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) 2019 jenjang Sarjana (S1) dalam Kelompok IPS dan IPC di Ruang C 106, Fakultas Hukum UI. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) Kota Depok semua jenjang dan program pendidikan, sudah di mulai sejak Rabu (5/8). Sebanyak 64.250 peserta dari segala penjuru dunia berebut kursi 4.436 kuota, untuk masuk program pendidikan vokasi dan sarjana.

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia menyebutkan, pelaksanaan ujian dilaksanakan bagi seluruh peserta di Indonesia maupun luar negeri, secara daring. Sebanyak 64.250 peserta mengikuti SIMAK UI 2020, untuk program pendidikan vokasi dan sarjana. Peserta ujiannya pun berasal dari dalam dan luar negeri. Adapun peserta dari luar negeri berasal dari negara Korea Selatan, Qatar, Saudi Arabia, dan Thailand.

“Program studi yang dibuka pada SIMAK UI 2020 bagi lulusan SMA/Sederajat adalah 13 program studi Vokasi (D3), 64 program studi Sarjana Reguler, 35 program studi Sarjana Paralel, dan 16 program studi Sarjana Kelas Internasional,” ujar Amelita kepada Radar Depok, Kamis (6/8).

Sebelumnya, kata dia, telah dilaksanakan Ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional pada pada Minggu (19/7). Dan S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3 dan Pascasarjana pada Minggu (26/7), yang juga dilakukan secara daring.

Dengan pertimbangan situasi pandemi COVID-19 saat ini, UI tetap mengupayakan pelaksanaan ujian secara daring. Ini agar seluruh peserta di berbagai wilayah di Indonesia dapat berkesempatan mengikuti seleksi, tanpa harus bertandang ke lokasi ujian.

Menurutnya, sesuai dengan informasi yang tercantum dalam website UI. Ujian online dilakukan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), setiap peserta dapat mengikuti tes menggunakan ponsel, tab, laptop, komputer, untuk mengakses laman tes SIMAK UI tersebut.

Panitia SIMAK UI juga mengerahkan tim pengawas melalui webcam/kamera smartphone, untuk mengawasi berjalannya ujian. SIMAK UI Gelombang 2 ini menggunakan web browser yang menyimpan cache.

“Sehingga jawaban dari soal yang telah terisi, masih tersimpan dan dapat diterima pada saat jaringan kembali stabil,” ucapnya.

Daya tampung yang tersedia pada SIMAK UI Gelombang 2 tahun 2020, sebanyak 2.744 untuk S1 Reguler, 674 untuk S1 Paralel, 392 untuk kelas Internasional, 410 untuk Vokasi (D3), dan 216 untuk S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3. “SIMAK UI 2020 merupakan penyelenggaraan SIMAK UI yang ke-duabelas kali sejak pertama kali dilaksanakan pada 2009,” tegasnya.

Hasil ujian SIMAK UI 2020, sambungnya, untuk S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi akan diumumkan pada 22 Agustus 2020 secara online melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id.

Amelita Lusia mengungkapkan, SIMAK UI merupakan program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan UI untuk semua program pendidikan dari jenjang Vokasi (Diploma 3), Sarjana (S1) Kelas Reguler, Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas Ekstensi/Paralel bagi lulusan D3, Profesi, Magister, Spesialis, dan Doktoral (S3).

“Melalui SIMAK UI, para calon mahasiswa program Vokasi dan Sarjana, diperkenankan memilih lebih dari satu hingga maksimal enam program studi dengan sekali pendaftaran dan ujian,” unglapnya.

Sementara, materi seleksi SIMAK UI pada Vokasi dan Sarjana seperti Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua Jurusan ditambah dengan Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia (Kemampuan IPA) atau Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi (Kemampuan IPS).

Sedangkan materi seleksi SIMAK UI Kelas Internasional seperti Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science) untuk pemilih program studi IPA dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science) untuk pemilih program studi IPS, di samping syarat TOEFL/IELTS dan wawancara bagi prodi tertentu.

“Adapun materi seleksi program pascasarjana dan profesi adalah Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris,” bebernya.

Terpisah, Yolanda Bachri yang ikut SIMAK UI mengaku, sudah mengikuti sesuai arahan yang diberikan. Lumayan memudahkan memang, jadi dia tidak perlu ke UI hanya menggunakan tab bisa langsung isi soal yang diberikan.

“Semoga saja hasilnya saya bisa masuk S1 Paralel pada 22 Agustus mendatang,” tutupnya. (rd/tul/hmi)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

walikota depok pakai masker CFD

Ini Penjelasan Walikota Depok Bisa Negatif, Meski Istrinya Positif Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...
kantor bawaslu depok ditutup

Ada yang Terkena Covid-19, Sekretariat Bawaslu Depok Tutup

TUTUP : Penampakan Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Depok di Jalan Nusantara Raya, Nomor 1 RT03/13

Read More...

Mobile Sliding Menu