Beranda Metropolis 80.346 Norek Pekerja Depok Berhasil Didata

80.346 Norek Pekerja Depok Berhasil Didata

0
80.346 Norek Pekerja Depok Berhasil Didata
SIAP : BPJS Ketenagakerjaan siap menyalurkan BSU kepada pekerja. FOTO : YUNI/RADAR DEPOK
pencairan BSU belum semua
SIAP : BPJS Ketenagakerjaan siap menyalurkan BSU kepada pekerja. FOTO : YUNI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pekerja yang terima Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp600 ribu, siap-siap dicairkan. Sejak Jumat (28/8), 79.475 nomor rekening atau sekitar 98,91 persen dari total 80.346 nomor rekening (Norek) pekerja dinyatakan valid oleh perbankan. Dari data tersebut, setidaknya gaji yang di bawah Rp5 juta ada 36.158 atau 45 persen.

Kepala Cabang BPJS TK Kota Depok, Indra Iswanto mengatakan, proses validasi nomor rekening berjalan cukup detail.

“Pengiriman data nomor rekening ini wajib, baik yang belum mengirimkan maupun yang melakukan konfirmasi ulang,” ungkapnya kepada Radar Depok, Minggu (30/08).

Hal ini diungkapkan, kata dia, mengingat akan adanya sanksi bagi perusahaan yang belum mengirimkan nomor rekening. Jatuh tempo mengirim nomor rekening sampai akhir Agustus 2020.

Sebelumnya, Kementerian Perekonomian dan Tenaga Kerja mengadakan rapat untuk membahas BSU Rp600 ribu, yang akan disalurkan khusus para pekerja. Tentunya, nomor rekening merupakan data yang sangat dibutuhkan.

Secara spesifik, BSU Rp600 ribu ini akan diberikan kepada pekerja yang merupakan peserta aktif BPJS TK, sudah terdaftar oleh perusahaannya, memiliki upah di bawah Rp5 juta dan sudah membayar iuran sampai Juni 2020.

BSU Rp600 ribu ini dananya diambil dari anggaran APBN, serta melibatkan Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Keuangan. Hal ini diupayakan supaya proses pengumpulan data dan pencairan uangnya berjalan baik, tertib dan tepat sasaran.