puskesmas cilodong sasar anak
ANAK SEHAT : Suasana saat petugas posyandu memberikan pelayanan vitamin A di Aula Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
puskesmas cilodong sasar anak
ANAK SEHAT : Suasana saat petugas posyandu memberikan pelayanan vitamin A di Aula Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CILODONG – Sebanyak 2.840 anak di Kelurahan Cilodong dan Kalibaru menjadi target dalam pemberian vitamin A selama bulan Agustus. Hal ini disampaikan langsung Kepala UPTD Puskesmas Cilodong, Dharma Ningsih. Kamis (6/8).

“Sasaran kita jumlahnya segitu. Tapi, sampai sekarang ada tiga posyandu yang belum menyerahkan data atau nama anak, itu ada ada di kedua kelurahan,” jelasnya kepada Radar Depok.

Ia membeberkan, sasaran bulan vitamin A kali ini meningkat dari bulan februari sebelumnya, yang mana ada sekitar 2.647. Terjadi peningkatan sebanyak 193 anak.

Hal itu, kemungkinan karena anak sebelumnya berusia enam bulan ke bawah, kini sudah menginjak usia enam bulan ke atas. Lalu, ada penambahan kelahiran anak selama kurun wakti dari februari sampai agustus.

“Vitamin A itu diberikan dari mulai anak usia 6 bulan sampai 5 tahun. Tentunya pasti ada kemungkinan penambahan,” terang Ningsih.

Lebih jauh, dirinya membeberkan dari total sasaran tersebut, ada 17 unit posyandu dari kedua kelurahan tersebut. Dalam cara pemberian vitamin A juga beragam, ada yang secara rumah ke rumah, ada juga yang melakukan di tempat yang luas agar menjaga jarak satu sama lain.

“Yang banyak maunya rumah ke rumah. Kalau di Kalibaru ada yang menggunakan aula kelurahan untuk pemberian vitaminnya,” bebernya.

Banyak manfaat yang didapat balita apabila mengonsumsi vitamin A, selain membentuk pertumbuhan sel darah merah dalam tubuh, vitamin ini juga dapat mencegah rabun senja, kebutaan, hingga anemia pada ibu nifas. (rd/arn)

 

Jurnalis ; Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya