Apakah Pulau Jawa Paling Padat Penduduknya di Indonesia?

In Utama

ilustrasi peta indonesia

 

RADARDEPOK.COM – Memiliki jumlah penduduk yang mencapai 269 juta jiwa dan tersebar di beberapa pulau serta provinsi, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Setiap tahun jumlah penduduk di Indonesia selalu meningkat. Hal itu berbanding lurus dengan jumlah penduduk di dunia yang saat ini diperkirakan mencapai 7,7 miliar jiwa.

Berikut fakta-fakta tentang kepadatan penduduk di Indonesia :

Apakah Pulau Jawa adalah Pulau yang Paling Padat Penduduknya?

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, Jawa menjadi pulau yang paling banyak penduduknya di Indonesia tahun 2018. Adapun, jumlahnya mencapai lebih dari 149 juta jiwa dari enam provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten. Jumlah ini belum dikurangi penduduk Pulau Madura sebesar 4 juta jiwa.

Kemudian, diprediksi tahun 2020 jumlah penduduk Pulau Jawa mencapai 152 juta jiwa. Bila dihitung dengan luas wilayah pulau Jawa mencapai 128.297 km² maka kepadatan penduduk mencapai 1.184 jiwa per km². Artinya, Jawa menjadi pulau besar yang paling padat penduduknya di Indonesia 2020.

Situs World Atlas juga merilis bahwa pulau Jawa menjadi pulau terpadat tak hanya di Indonesia tetapi di dunia tahun 2019. Diperkirakan ada 141 juta penduduk yang di pulau Jawa atau artinya 56% penduduk Indonesia bermukim di pulau Jawa.

Provinsi Apakah yang Paling Padat Penduduknya?

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, jumlah penduduk DKI Jakarta 2019 mencapai 11.063.324 jiwa. Bila dibandingkan dengan luas wilayahnya yang hanya sebesar 662,33 km² artinya kepadatan penduduk mencapai 16.704 jiwa per km²

Artinya, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan jumlah penduduk terpadat. Sedangkan, provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak jatuh pada Jawa Barat yang pada tahun 2018 kemarin, jumlah penduduknya mencapai 48,6 juta jiwa dan di tahun 2020 diperkirakan mencapai lebih dari 49 juta jiwa.

Pulau Manakah yang Paling Sedikit Penduduknya di Indonesia?

Kepulauan Maluku menjadi provinsi dengan penduduk paling sedikit di Indonesia pada tahun 2010. Adapun, jumlah penduduknya hanya mencapai 2,5 juta jiwa dan di tahun 2020 diperkirakan meningkat menjadi 3,1 juta orang.

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ulama ke idris imam

Persatuan Ulama-Habaib Depok Beri Restu Idris-Imam

DEKLARASI : Dihadiri Paslon Nomor Urut 2 dan elit partai Koalisi TAS, Persatuan Ulama dan

Read More...
penghargaan naik tingkat

Sanggar Ayodya Pala : Siswa Ujian Kenaikan Tingkat Raih Penghargaan

RAIH PENGHARGAAN : Sejumlah siswa Sanggar Ayodya Pala yang telah mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat mendapatkan

Read More...
jatijajar repot urus administasi

Beredar Foto Spanduk ‘Ganti Lurah Jatijajar’

MUNDUR : Ketua RT dan RW, di lingkup RW2, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, mundur serentak

Read More...

Mobile Sliding Menu