BPJS Kesehatan Ajak Warga Manfaatkan Chika

In Metropolis
BPJS kesehatan manfaatkan chika
TUNJUKKAN : Pengguna layanan Chika menunjukkan aplikasi yang sedang digunakan. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mendukung penekanan perkembangan Covid-19. BPJS Kesehatan kini mengoptimalkan pelayanan informasi, secara online bagi masyarakat. Pelayanan informasi tersebut dilakukan melalui obrolan (chatting) yang akan direspon, artificial intelligence. Pelayanan informasi tersebut dikenal dengan istilah Chat Assistant JKN (CHIKA).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Elisa Adam mengungkapkan, hadirnya Chika selain dapat menekan perkembangan Covid-19, juga akan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Chika akan membuat masyarakat dapat memperoleh informasi yang diinginkan, tanpa harus keluar rumah. Sehingga akan menghemat waktu dan biaya.

Informasi yang dapat diperoleh dari Chika mulai dari status kepesertaan dan tagihan iuran peserta, manfaat dan prosedur pelayanan kesehatan Program JKN-KIS, prosedur pendaftaran peserta Program JKN-KIS, prosedur dan ketentuan perubahan data peserta, lokasi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, hingga lokasi kantor BPJS Kesehatan. “Untuk pendaftaran dan perubahan data peserta akan terhubung dengan aplikasi Mobile JKN,” ujar Elisa kepada Harian Radar Depok, belum lama ini.

Elisa mengungkapkan, untuk menghubungi CHIKA sangat mudah, cukup dengan chatting ke nomor 08118750400 melalui whatsapp. Selain itu, untuk mengakses layanan CHIKA, peserta juga dapat mendapatkannya melalui Telegram di https://t.me/BPJSKes_bot atau melalui facebook messenger BPJS Kesehatan.

“Peserta tidak perlu repot lagi ke Kantor BPJS Kesehatan. Cukup dengan memanfaatkan layanan CHIKA, maka informasi yang diinginkan dapat diperoleh. Jadi peserta akan tetap aman berada di rumah,” ujar Elisa.

Sementara itu, Peserta JKN-KIS asal Kota Depok Janet Swastika mengungkapkan bahwa CHIKA membuat ia semakin mudah untuk memperoleh informasi tentang Program JKN-KIS. Untuk mengakses CHIKA pun sangat mudah dan respon dari Chika cukup cepat.

“Sangat fast respon dan informasi yang disampaikan juga akurat. Sesuai dengan kebutuhan kita. Hanya butuh beberapa menit sejak saya melakukan chatting sudah langsung dibalas oleh Chika,” ujar Janet.

Elisa berharap, masyarakat terutama peserta JKN-KIS dapat memanfaatkan Chika untuk memperoleh informasi. Dia juga mengimbau kepada peserta JKN-KIS, untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN yang tersedia di playstore dan appstore.

Hal ini dikarenakan, aplikasi Mobile JKN memiliki segudang fitur yang dapat memberikan kemudahan peserta untuk mengurus keperluan yang berkaitan dengan Program JKN-KIS. (DT/mr)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar

Hanura Depok Mantap Dukung Pradi-Afifah

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu lagi partai non parlemen

Read More...
walikota depok pakai masker CFD

Pisah Ranjang dengan Istri, Selamatkan Walikota Depok dari Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...

Mobile Sliding Menu