Beranda Metropolis Cegah Kebakaran, Gedung Tinggi Perlu Proteksi Dini

Cegah Kebakaran, Gedung Tinggi Perlu Proteksi Dini

0
Cegah Kebakaran, Gedung Tinggi Perlu Proteksi Dini
GEDUNG TINGGI: Sejumlah gedung perkantoran dan apartemen yang berada di kawasan Jalan Margonda Raya, Kota Depok. FOTO : DOK. RADAR DEPOK
pemandangan jalan margonda
GEDUNG TINGGI : Sejumlah gedung perkantoran dan apartemen yang berada di kawasan Jalan Margonda Raya, Kota Depok. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Proteksi keamanan menjadi syarat mutlak bagi gedung pencakar langit agar terhindar dari bahaya kebakaran. Hal itu pula yang perlu diperhatikan oleh pengelola gedung bertingkat, khususnya di Kota Depok.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Raden Gandara Budiana mengatakan, diperlukan kewaspadaan terhadap berbagai pemicu kebakaran di sekeliling kita. Ia menilai, ada kalanya kebakaran terjadi karena kelalaian atau kerusakan alat yang tak terprediksi, maka dapat menyebabkan terjadinya kebakaran.

“Perlu ada alat pendeteksi dini bahaya kebakaran. Jika hanya tiga lantai diperlukan alat pemadam api ringan, tapi kalau lebih dari itu perlu alat lain yang lebih mendukung,” tutur Gandara kepada Radar Depok.

Dia mengatakan untuk gedung-gedung tinggi pihaknya mengatakan perlu alat lian, seperti SmokeDetector atau sensor yang digunakan untuk mendeteksi adanya gumpalan asap.

Lalu Fire alarm yang digunakan sebagai penanda terjadinya kebakaran. Jika fire alarm diaktifkan maka alarm akan berbunyi nyaring sebagai tanda terjadinya kebakaran di lokasi terdekat.

Selain itu gedung juga memerlukan Hidran pemadam kebakaran adalah alat yang dihubungkan dengan sumber air melalui jaringan pipa yang gunanya untuk mengalirkan air yang dibutuhkan untuk pemadaman kebakaran.

Selain itu, perlu ada pintu darurat (Emergency) dan jalur evakuasi yang mutlak dibutuhkan agar para penghuni gedung tidak kebingungan saat terjadi kebakaran.