Beranda Metropolis Cinta dan Seks Saat Pandemi

Cinta dan Seks Saat Pandemi

0
Cinta dan Seks Saat Pandemi
Bona Simanungkalit.
Bona Simanungkalit
Bona Simanungkalit.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Banyak hal yang dibahas saat Pandemi Covid-19, dari masalah perekonomian, perubahan kehidupan sosial, kebijakan politik dan kesehatan, mulai paling makro sampai ke mikro.

Namun pembahasan dampak pandemi terhadap permasalahan cinta dan seks di Indonesia masih sedikit, sedangkan dampaknya sangat banyak. Bisa kita lihat beberapa dampak seperti konflik berkepanjangan suami-istri, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), masalah kesehatan seksual, meningkatnya kehamilan yang tidak direncanakan, menurunnya kepuasaan perkawinan yang bisa berujung pada perceraian.

Kasus-kasus inilah yang kemudian mendasari dibuatnya seminar daring (Semaring) dengan tema Love And Sex in Pancademic Era yang secara khusus membahas mengenai Cinta Saat Pandami.

Hadi dalam seminar tersebut Psikolog Putri Langka, Bona Simanungkalit, Abraham Simatupang, serta moderator Prima Jiwa Osly. Semaring ini atas kerjasama antara Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Universitas Pancasila (UP), pada Selasa (25/08).

Secara berurutan seminar ini berdiskusi mengenai bagaimana cinta itu merupakan perasaan yang dinamis, seperti intimasi, hasrat dan komitmen, bisa mengalami perubahan dan menghasilkan bentuk cinta yang berbeda-beda.

“Cinta yang berbeda-beda ini mempengaruhi perilaku seks seseorang, bahkan bisa menyebabkan problema atau gangguan seksual baik pria maupun pada wanita,” ungkap Bona SImanungkalit.