Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman

In Utama

 

Oleh: K.H. A. Mahfudz Anwar

Ketua MUI Kota Depok

 

KETIKA anda bilang cinta, maka pasti ada konsekwensinya. Karena setiap ucapan yang tidak ada buktinya hanyalah omong kosong (omdo). Begitulah logika kita berbicara. Nalar akal manapun pasti memerlukan bukti.

Apakah bukti itu tersaksikan ataukah bukti itu tersimpan. Wal-hasil semua ucapan harus singkron dengan fakta dan kenyataan. Demikian pula ketika seseorang bilang Cinta Tanah air adalah Sebagian Dari Iman, maka saat itu pula butuh pembuktian.

Dulu Kiai Haji Abdul Wahab Chasbullah (Pendiri ormas Islam terbesar di Indonesia, NU) ini pernah mengurainya dalam syair lagu Ya lal Wathon (Hubbul Waton) yang digubah di era penjajahan di Jawa Timur. Dan diviralkan pada tahun 1934, kini viral kembali bukan hanya di kalangan Nahdliyyin, tapi juga di hampir semua warga bangsa ini.

Di zaman penjajahan, Kiai Haji Hasyim Asy’ari juga sangat menekankan arti Hubbul Waton Minal Iman, dengan menterjemahkan ke dalam aksi angkat senjata. Membangkitkan rakyat Indonesia untuk berani melawan penjajah yang menguasai tanah air negeri ini.

Jadi ucapan Hubbul Waton bukan hanya sekedar ucapan ceremonial saja, tapi jauh lebih dari itu diimplementasikan dalam bentuk keberanian mengusir penjajah dari Indonesia. Dengan begitu rakyat Indonesia tergerak untuk bangkit kesadarannya, bahwa perang membela Negara ini termasuk bagian dari pada Iman. Apa lagi saat itu diketahui bahwa penjajah menguasai negeri ini dengan cara-cara yang keji dan penindasan. Bukan saja terhadap fisik, tapi juga termasuk pada ideologi keagamaan. Umat beragama, khususnya muslim, sangat tergerak dengan pernyataan ini, seperti layaknya bensin yang siap membakar apa saja yang bisa disambarnya.

Dan sejalan dengan itu fakta sejarah yang diungkap dalam Al-Qur’an menyebutkan bahwa :“Sesungguhnya raja-raja apabila memasuki suatu negeri, niscaya mereka membinasakannya, dan menjadikan penduduknya yang mulia jadi hina; dan demikian pulalah yang akan mereka perbuat. Q.S. An-Naml : 34.

1 of 3

You may also read!

kecelakaan jalan kartini

Bruukk..! Pesepeda Motor Mendadak Jatuh di Jalan Kartini

NGANTUK : Kecelakaan Motor di depan Ruko Kartini Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas. Minggu (18/10).

Read More...
katar PGS disinfektan

Dua Pekan Sekali, Katar PGS Semprot Disinfektan

GIAT : Karang Taruna (Katar) Pasir Gunung Selatan (PGS) menyemprot disinfektan di lingkungan RW 1,

Read More...

Lurah Jatijajar Bantah Karena Politik Ketua RW2 Terpilih Tidak Dikukuhkan

Lurah Jatijajar, Sugino.   RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR - Terkait dugaan adanya keterkaitan penolakan pengukuhan RW 2 Jatijajar dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu