ikan situ rawa besar mati
BANGKAI IKAN: Warga Kampung Lio menyaksikkan kondisi perairan Setu Rawa Besar yang dipenuhi oleh ribuan bangkai ikan, dan mengeluarkan bau amis yang menyengat, Rabu (19/08). FOTO : YASMINE/RADAR DEPOK
ikan situ rawa besar mati
BANGKAI IKAN : Warga Kampung Lio menyaksikkan kondisi perairan Setu Rawa Besar yang dipenuhi oleh ribuan bangkai ikan, dan mengeluarkan bau amis yang menyengat, Rabu (19/08). FOTO : YASMINE/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Warga Kampung Lio RW13, Kelurahan Depok, Pancoranmas, digegerkan dengan kematian misterius ribuan ikan di Situ Rawa Besar, Rabu (19/08). Efeknya, menimbulkan bau amis menyengat di sekitar lokasi.

Kejadian bermula pada Selasa (18/08). Warga mendapati ikan disana mabuk. Sempat tercium bau gas, dengan kondisi air berwarna kuning. Esok harinya, bangkai ikan sudah mengambang di permukaan situ.

“Hingga Kamis (20/8), jumlah bangkai ikan semakin bertambah,” kata Ketua RW13 Depok, Dadang kepada Radar Depok.

Belakangan, peristiwa ini pernah terjadi pada 2014. Dadang, mengatakan, kondisi saat itu lebih memprihatinkan dibandingkan saat ini. Walaupun begitu, warga tidak takut mengkonsumsi ikan yang mati.

“Berbeda dengan peristiwa ini. Kala itu, tidak menunjukkan adanya tanda-tanda yang janggal, seperti bau gas dan warna air  berubah kekuningan,” terang dia.

Dadang sempat menduga, hal ini terjadi karena fenomena alam, berubahnya kadar PH air, dan masalah lumpur di Situ Rawa Besar. Biar yakin, dia memanggil Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok untuk pengecekan. Dinkes membawa tiga hal untuk diperiksa, yakni bangkai ikan, ikan tawar yang masih hidup, dan sampel air.

“Sekarang, sedang menunggu hasil laboratorium terkait penyebab ribuan ikan mati,” kata Dadang.