First Travel Ajukan PK

In Metropolis
DOKUMENTASI : Petugas saat menunjukkan beberapa aset milik First Travel yang telah disita. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Penegakan hukum bertujuan mewujudkan keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan dalam masyarakat. Sayangnya tujuan tersebut tidak dirasakan oleh para terpidana dan 63 ribu orang calon jamaah haji dan umrah First Travel.

Kuasa Hukum First Travel, Pahrur Dalimunthe mengatakan, berbagai cara telah diupayakan oleh calon jamaah, seperti memproses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) di Pengadilan Niaga dengan menyepakati adanya perdamaian. Serta melaporkan ke Bareskrim Polri, harapannya agar para calon jamaah tetap bisa diberangkatkan ke tanah suci.

“Setidaknya uang yang telah mereka setorkan pada First Travel bisa dikembalikan. Nyatanya, proses penegakan hukum yang berjalan sejak Agustus 2018 hingga akhirnya keluar Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 3096K/PID.SUS/2018, tertanggal 31 Januari 2019 memupus semua harapan itu,” ungkap Dalimunthe.

Selain itu lanjut Dalimunthe, para terpidana dihukum dengan hukuman fantastis, dan harta yang disita dirampas untuk negara alih-alih dikembalikan kepada jamaah. Puncaknya, pada akhir 2019 Kejari Depok berencana mengeksekusi harta yang dirampas negara tersebut.

“Putusan tersebut sangat tidak mencerminkan rasa keadilan di masyarakat, baik bagi para terpidana maupun puluhan ribu calon jamaah First Travel. Padahal jelas pasal 5 UU Mahkamah Agung menyatakan hakim wajib menggali, mengikuti, dan memahami nilai-nilai hukum dan rasa keadilan yang ada dalam masyarakat. Yang dimaksudkan agar putusan hakim sesuai hukum dan rasa keadilan masyarakat,” kata Dalimunthe.

1 of 2

You may also read!

kantor bawaslu depok ditutup

Ada yang Terkena Covid-19, Sekretariat Bawaslu Depok Tutup

TUTUP : Penampakan Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Depok di Jalan Nusantara Raya, Nomor 1 RT03/13

Read More...
penertiban masker di kecamatan bojongsari

66 Pelanggar Terjaring di Kecamatan Bojongsari

HUKUMAN : Anggota Satpol PP Kota Depok saat memberikan sanksi sosial kepada pelanggar yang tidak

Read More...
Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida

Istri Walikota Depok Positif Covid-19

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Awan mendung seakan menghiasi langit PKK

Read More...

Mobile Sliding Menu