Hasil Razia Rp12.600.000 Masuk PAD

In Metropolis
razia pelanggar PSBB di margonda
DIBERI SANKSI : Petugas gabungan memberikan sanksi kepada warga yang melintas di kawasan Jalan Margonda Raya karena tidak menggunakan masker. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pantas saja Kota Depok masih fluktuaktif soal status zona. Bayangkan, selama 23-28 Agustus kedapatan 684 pelanggar tidak mengenakan masker saat razia. Dari 864 pelanggar, 252 warga dikenakan sanksi denda sebesar Rp50 ribu.

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) Kota Depok, Fery Birowo menuturkan, warga Depok yang bekerja di luar Depok seperti Jakarta dan Bogor, justru lebih tertib memakai masker. Dia mengatakan heran, entah ini karena faktor orangnya yang tidak peduli ataukah faktor tidak adanya edukasi yang baik.

Apalagi, kata Fery, melihat banyaknya mereka yang menjadi pelanggar adalah yang masih berusia remaja (di bawah 18 tahun). Sanksinya juga tidaklah berat, yakni sanksi sosial berupa push up, menyanyikan lagu nasional dan menyapu dengan memakai rompi oranye.

Menurut data, ada 684 pelanggar yang menjadi pelanggar selama operasi masker yang berlangsung 23-28 Agustus 2020. 252 di antaranya diberlakukan denda harus membayar uang sebesar Rp50 ribu, yang mana uangnya langsung disetor ke Bank Jawa Barat. Artinya, kas daerah (Pendapan Asli Daerah) bertambah sebesar Rp12.600.000. Sisanya, 432 pelanggar yang dikenai sanksi sosial tidak didenda karena kebanyakan mereka usianya di bawah 18 tahun dan statusnya masih bersekolah. Saat razia, beroperasi hanya dari jam 09:00-12:00 WIB di 11 titik kecamatan.

“Kebanyakan dari mereka mengaku terpaksa keluar rumah tanpa memakai masker karena bosan di rumah,” tegasnya kepada Radar Depok, Minggu (30/08).

Sekali lagi, Ferry menghimbau warga Depok perlu memperhatikan persoalan ini, dan jangan sampai menganggap remeh covid-19. RT dan RW dari masing-masing juga diharapkan bisa bekerjasama dengan baik, khususnya menasehati warganya supaya menaati protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.

1 of 3

You may also read!

kecelakaan jalan kartini

Bruukk..! Pesepeda Motor Mendadak Jatuh di Jalan Kartini

NGANTUK : Kecelakaan Motor di depan Ruko Kartini Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas. Minggu (18/10).

Read More...
katar PGS disinfektan

Dua Pekan Sekali, Katar PGS Semprot Disinfektan

GIAT : Karang Taruna (Katar) Pasir Gunung Selatan (PGS) menyemprot disinfektan di lingkungan RW 1,

Read More...

Lurah Jatijajar Bantah Karena Politik Ketua RW2 Terpilih Tidak Dikukuhkan

Lurah Jatijajar, Sugino.   RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR - Terkait dugaan adanya keterkaitan penolakan pengukuhan RW 2 Jatijajar dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu