Kembali Buka Rawat Inap Non Covid, RSUD Siapkan 91 Tempat Tidur

In Metropolis
RSUD depok kembali normal
KUNJUNGAN : Walikota Depok, Mohammad Idris saat mengunjungi RSUD Kota Depok, Kelurahan/Kecamatan Sawangan, Senin (3/8). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KOta Depok kembali membuka pelayanan rawat inap non covid per, Senin (3/8). Sedikitnya 91 tempat tidur sudah disediakan bila ada penenganan lebih lanjut. Diketahui sebelumnya, rumah sakit berpalt merah tersebut dijadikan rumah sakit perawatan Covid-19 di Kota Depok.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pelayanan RSUD Kota Depok rawat inap untuk non covid telah kembali dibuka. Pembukaan pelayanan tersebut dibuka sejak 3 Agustus. Pelayanan tersebut telah disiapkan segala aspek penunjang, mulai dari bed hingga tenaga medis.

“Pelayanan non covid tersedia 91 tempat tidur tersedia di semua lantai kecuali lantai delapan,” ujar Mohammad Idris kepada Radar Depok, Senin (3/8).

Idris menjelaskan, RSUD Kota Depok menyediakan dua dokter paru, yakni berstatus kontrak dan ASN, serta tiga dokter penyakit dalam. Prosedur penanganan, apabila terdapat pasien Covid-19, pasien akan dilakukan penanganan dan melintasi areal khusus. Kemudian dibawa langsung menggunakan lift ke lantai delapan tanpa berhenti disetiap lantai.

Akses jalan pasien positif Covid-19 di RSUD Kota Depok, dinilai lebih mudah, karena relatif sedikit. Saat ini IGD Covid-19 di RSUD Kota Depok telah kosong, namun masih ada pasien Covid-19 yang melakukan perawatan di RSUD Kota Depok. Walikota menegaskan, penanganan pasien positif Covid-19 dengan pasien non covid dilakukan terpisah.

“Begitupun dengan perawat, apabila cukup akan kami bedakan atau pengaplusan kerja dalam penanganan pasien,” terang Idris.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori menuturkan, secara keseluruhan untuk pelayanan rawat inap non covid, telah disediakan 91 tempat tidur. Alokasi tempat tidur pelayanan sebanyak 40 tempat tidur, dengan total keseluruhan mencapai 131 tempat tidur. Sebelum pandemi Covid-19, RSUD Kota Depok menyediakan 133 tempat tidur yang tersebar hingga tujuh lantai.

Namun, lanjut Devi, setelah adanya Covid-19, RSUD Kota Depok memfungsikan lantai delapan untuk dijadikan ruangan pelayanan, yakni ruangan pasien Covid-19. Sehingga total tempat tidur yang digunakan menjadi 131 tempat tidur.

“Terjadi pengurangan karena kami menerapkan protokol kesehatan, sehingga berjarak dikhawatirkan karena ada penunggu pasien,” tutup Devi. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto

Editor : Pebri Mulya

 

You may also read!

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar

Hanura Depok Mantap Dukung Pradi-Afifah

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu lagi partai non parlemen

Read More...
walikota depok pakai masker CFD

Pisah Ranjang dengan Istri, Selamatkan Walikota Depok dari Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...

Mobile Sliding Menu