Masjid Jami Al-Istiqomah, Peninggalan Zaman Penjajahan : Kembali direnovasi, Menambah Kekhusyuaan Jamaah

In Satelit Depok
masjid peninggalan zaman penjajahan
RENOVASI : Masjid Jami Al-Istiqomah di Jalan Sawangan, Kelurahan Mampangt sudah mencapai 50 persen tahap perbaikan bangunan, Kamis (13/08). FOTO : YASMINE/RADAR DEPOK

 

Masjid Jami Al-Istiqomah terus menua. Sudah ratusan tahun lebih, menjadi tempat jamaah bersujud dan meminta pertolongan kepada Allah SWT. Kini, kayu-kayu sudah mulai keropos, akibat digerogoti rayap. Semakin lama, makin tak mampu menopang beban bagunan. Warga berusaha menahan runtuhnya bangunan dengan segala cara.

Laporan : Yasmine Qurrataayyun

RADARDEPOK.COM – Masjid Jami Al-Istiqomah berdiri sejak tahun 1800-an oleh H. Jasim Bin Sainum Sech Magnum Al Fatah. Ia tokoh agama pada zaman kolonial Belanda. Berasal dari tanah Jawa. Singgah sementara di Kota Depok, membangun masjid tersebut, untuk kemudian pergi ke Kabupaten Kulon.

“Beliau merupakan orang sholeh. Punya banyak tanah di daerah Mampang,” kata Bendahara panitia renovasi Masjid Jami Al-Istiqomah, Majeti, siang itu.

Kedermawan Jasim dalam memikirkan lingkungan sekitar, sangat dikagumi oleh warga. Bahkan sampai kini. Masjid dan tanah wakaf menjadi saksi bisu kebaikannya.

Berjalannya waktu, bangunan mulai tak sekokoh dahulu. Cat dinding sudah memudar. Karpet mulai berubah warna. Langit-langit hampir jatuh ke bawah. Maklum saja. Terakhir masjid ini bersolek pada 1982.

“Sejak pertama berdiri, masjid ini baru tiga kali direnovasi. Kali ini kami ingin merenovasi pintu masjid, lantai 2, kamar mandi, langit-langit, pilar, dan jendela,” terang dia.

1 of 3

You may also read!

penertiban masker di kecamatan bojongsari

66 Pelanggar Terjaring di Kecamatan Bojongsari

HUKUMAN : Anggota Satpol PP Kota Depok saat memberikan sanksi sosial kepada pelanggar yang tidak

Read More...
Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida

Istri Walikota Depok Positif Covid-19

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Awan mendung seakan menghiasi langit PKK

Read More...
Robot ikut sosialisasi masker

Berkostum Robot, Polsek Cimanggis Hebohkan Sosialisasi Masker

UNIK : Anggota Polsek Cimanggis adakan sosialisasi masker dengan menggunakan kostum unik, di depan kantor

Read More...

Mobile Sliding Menu