Masuk Lebih Dalam ke UPS Merdeka 2 : Dari Maggot, Bahan Penelitian dan Destinasi Studi Banding

In Satelit Depok
UPS merdeka 2
UPS BERMANFAAT : Koordinator Unit Pengolahan Sampah (UPS) Merdeka 2, Heriyanto saat menunjukan maggot dan hasil dari pengolahan sampah organik kepada mahasiswi Unindra dalam melakukan penelitian skripsi, di Jalan Merdeka, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

Keteguhan hati dan hobi mengolah sampah agar lebih bermanfaat menjadi landasan UPS Merdeka 2 yang berlokasi di bilangan Jalan Merdeka, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. Lokasi tersebut kerap dijadikan tempat menimba ilmu alias studi banding dari berbagai penjuru, mulai kabupaten dan kota lain, hingga bahan penelitian mahasiswa.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM – Bau sampah yang begitu menyengat memang menjadi satu hal yang pasti datang ke tempat ini. Namun, siapa sangka, di sini banyak terdapat ilmu mengenai pengolahan sampah, mulai yang dijadikan kompos hingga maggot, yaitu belatung yang memiliki banyak fungsi.

Berpenampilan dengan sederhana, Koordinator UPS Merdeka 2, Heriyanto menjadi sosok utama di balik kesuksesan UPS  Merdeka 2. Kemampuannya dalam mengolah sampah tak perlu diragukan, mulai dari mmbimbing anak kuliah dalam menyelesaikan skripsi tentan sampah, hingga menjadi nara sumber utama setiap lawatan Pemerintah Kabupaten dan Kota, dalam mempelajari pengolahan sampah, terutama dengan cara maggot.

“Alhamdulilah, sudah banyak yang datang kesini. Ada dari Sulawesi, Raja Ampat Papua, sampai orang jepang pernah singgah ke sini untuk belajar dari UPS milik Kota Depok,” jelas Heriyanto dengan baju bertuliskan’ Ayo Memilah Sampah’.

Setiap harinya, ada tiga ton sampah organik yang dikirim ke UPS ini, semua hasil dari warga yang berada di kawasan Kecamatan Sukmajaya. Ada dua melakukan pengolahan sampah, menjadi kompos yang nantinya akan diberikan ke warga, jika ada yang membutuhkan. Kedua dengan menggunakan maggot untuk melakukan penguraian sampah, seperti daging dan sayuran yang habis di makan maggot.

1 of 2

You may also read!

kantor bawaslu depok ditutup

Ada yang Terkena Covid-19, Sekretariat Bawaslu Depok Tutup

TUTUP : Penampakan Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Depok di Jalan Nusantara Raya, Nomor 1 RT03/13

Read More...
penertiban masker di kecamatan bojongsari

66 Pelanggar Terjaring di Kecamatan Bojongsari

HUKUMAN : Anggota Satpol PP Kota Depok saat memberikan sanksi sosial kepada pelanggar yang tidak

Read More...
Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida

Istri Walikota Depok Positif Covid-19

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Awan mendung seakan menghiasi langit PKK

Read More...

Mobile Sliding Menu