balance bike 1
KOMPAK: Komunitas Balance Bike saat melakukan Latihan Bersama sebelum masa Pandemi Covid 19 mewabah di Kota Depok. FOTO : BALANCE BIKE FOR RADAR DEPOK
balance bike 1
KOMPAK : Komunitas Balance Bike saat melakukan Latihan Bersama sebelum masa Pandemi Covid 19 mewabah di Kota Depok. FOTO : BALANCE BIKE FOR RADAR DEPOK

 

Apakah anda pernah melihat anak-anak bermain riang gembira dengan sepeda yang tidak memiliki pedal?. Sepeda tersebut bernama balance bike, dan muncul pada 2010. Saat menetas, sepeda ini langsung digandrungi orangtua hingga dimanfaatkan untuk perkembangan anak.

Laporan: Rubiakto

RADARDEPOK.COM – Belakangan balance bike semakin booming di Kota Depok. Tidak seperti sepeda anak dengan pedal yang cukup sulit dipelajari. Balance bike sangat mudah dipelajari, dan dapat digunakan sejak dini. Selama anak sudah dapat berjalan sendiri, pasti bisa menggunakan sepeda ini.

Menurut Ketua Umum Balance Bike Indonesia, Tri Wibowo. Awal 2016 mulai mengedukasi Balance Bike di Kota Depok, karena memang Tri berdomisili di Kota Depok. Dia mengaku, masuk ke sekolah-sekolah seperti TK dan SD, mengedukasi penggunaan Balance Bike.

Pada 2017 baru mulai ada beberapa anak-anak yang mulai ikut latihan. Hingga akhirnya, Desember 2017 untuk pertama kalinya ada lomba Balance Bike di Kota Depok, yang dihadiri peserta dari berbagai provinsi di Indonesia salah satunya, Jawa tengah.

“Sampai sekarang Komunitas Balance Bike masih digandrungi anak-anak di Kota Depok,” kata Tri Wibowo.

Jika ingin membelikan anaknya Balance Bike, orangtua perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membeli. Tri Wibowo mengatakan, pertama orangtua harus memperhatikan tempat duduk dengan inseam anak (jarak dari permukaan tanah ketika anak menggunakan sepatu, sampai ke selangkangan paha, red).