balance bike 2
SEMANGAT: Orang tua memberi semangat kepada anak-anaknya saat bermain balance bike. FOTO : ISTIMEWA
balance bike 2
SEMANGAT : Orang tua memberi semangat kepada anak-anaknya saat bermain balance bike. FOTO : ISTIMEWA

 

Tidak memiliki pedal seperti sepeda pada umumnya. Balance bike tentu memiliki keunggulan dan manfaat tersendiri bagi anak-anak. Sepeda ini dirancang tidak menmggunakan pedal, agar anak-anak bisa mengayuh sendiri kakinya.

Laporan: Rubiakto

RADARDEPOK.COM – Belakangan ini tren balance bike atau sepeda tanpa pedal mulai mencuat. Berbeda dengan sepeda anak kecil yang memiliki tiga atau empat roda, balance bike adalah sepeda roda dua tanpa pedal.

Cara mengendarainya dengan mengandalkan gaya dorong dari kedua kaki si Kecil, agar sepeda bisa bergerak.

Biasanya, balance bike dibuat dengan posisi sadel rendah. Sehingga anak tetap bisa menapakkan diri ke tanah. Sepeda tanpa pedal ini bisa diperkenalkan ke anak sejak mereka stabil berjalan dan berlari. Sekitar usia dua tahun.

Kata Ketua Umum Balance Bike, Tri Wibowo terdapat beberapa manfaat bermain balance bike di antaranya sebagai adaptasi mengendarai sepeda roda dua.

Banyak sekali orangtua yang mengakui anak mereka yang terbiasa mengendarai balance bike akan lebih cepat menguasai sepeda roda dua.

“Hal ini terjadi karena anak sudah terbiasa dengan posisi tubuh dan cara menjaga keseimbangan saat bersepeda,” kata Tri.