Pemohon Akte Kelahiran Fluktuatif di Depok

In nasional
pembuatan akta kelahiran di depok
MENGURUS BERKAS : Sejumlah warga berada di Ruang Pelayanan Disdukcapil, Balaikota Depok untuk mengurus berkas yang diperlukan. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kini, pembuatan Akte Kelahiran di Kota Depok tidak hanya untuk bayi yang baru lahir saja, melainkan bisa juga untuk orang dewasa yang belum memiliki akte lahir.

Seperti dialami warga Pitara Kelurahan Pancoranmas, Suherman (53). Ia mengaku, hanya mempunyai surat kena lahir dari kecamatan. Ditemui saat mengantre mengurus akte kelahiran, Suherman mengaku, ia diminta oleh biro perjalanan umrah agar segera mengurus akte kelahiran, sebagai keperluan mengurus paspor.

“Akte kelahiran yang resmi berbadan hukum dan dibuat negara lebih memudahkan dalam mengurus paspor, dibandingkan surat kena lahir,” ungkap pria yang menjabat sebagai PNS sejak tahun 1989 ini, Kamis (27/08).

Perlu diketahui, pengurusan akte kelahiran bisa diurus dari rumah, praktis, dan mudah. Sejak pandemi Covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memberlakukan layanan online melalui WhatsApp.

Kasi Kelahiran dan Kematian Disdukcapil Kota Depok, Budi Muhammad mengatakan, ketika menghubungi layanan online warga akan diminta melampirkan sejumlah berkas. Di antaranya KTP orang tua, KK, surat nikah, formulir F201, serta surat lahir dari tenaga kesehatan.

“Akte kelahiran ini dibuat hanya memerlukan waktu tujuh hari kerja,” ucap Budi kepada Radar Depok.

1 of 2

You may also read!

kecelakaan jalan kartini

Bruukk..! Pesepeda Motor Mendadak Jatuh di Jalan Kartini

NGANTUK : Kecelakaan Motor di depan Ruko Kartini Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas. Minggu (18/10).

Read More...
katar PGS disinfektan

Dua Pekan Sekali, Katar PGS Semprot Disinfektan

GIAT : Karang Taruna (Katar) Pasir Gunung Selatan (PGS) menyemprot disinfektan di lingkungan RW 1,

Read More...

Lurah Jatijajar Bantah Karena Politik Ketua RW2 Terpilih Tidak Dikukuhkan

Lurah Jatijajar, Sugino.   RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR - Terkait dugaan adanya keterkaitan penolakan pengukuhan RW 2 Jatijajar dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu