Beranda Metropolis Pencairan BSU, Sisa 6.099 Rekening Pekerja

Pencairan BSU, Sisa 6.099 Rekening Pekerja

0
Pencairan BSU, Sisa 6.099 Rekening Pekerja
SIAP : BPJS Ketenagakerjaan siap menyalurkan BSU kepada pekerja. FOTO : YUNI/RADAR DEPOK
pencairan BSU belum semua
SIAP : BPJS Ketenagakerjaan siap menyalurkan BSU kepada pekerja. FOTO : YUNI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Sejak dicairkan 26 Agustus. Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp600 dari Pemerintah Pusat, sudah bisa dinikmati oleh para pakerja, khususnya yang bergaji dibawah Rp5 juta/bulan.

Pada realisasinya, penyaluran BSU dikoordinasi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Langsung diberikan ke rekening pekerja. Di Kota Depok, selama dua minggu ini, BPJS Ketenagakerjaan sudah mengumpulkan data nomor rekening dari total 86.412 pekerja aktif.

Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Yanuar Wirandono mengatakan, dari jumlah tersebut, baru sebanyak 80.313 rekening pekerja yang terjaring. Sisa 6099 pekerja.

“Itu pun nomor rekening mereka masih harus diverifikasi ulang, oleh pihak perbankan untuk memastikan valid atau tidaknya nomor rekening yang dimiliki mereka tersebut,” ungkapnya kepada Radar Depok, Jumat (28/08).

Ia menerangkan, pekerja yang mendapat BSU haruslah mereka yang sudah terdaftar sebagai pekerja aktif di BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, status kekaryawanannya juga dilaporkan oleh perusahaan, serta terbukti sudah membayar iuran minimal sampai bulan Juni 2020.

“Jika ditanya tentang data, kami sudah memiliki data yang lengkap karena memang sebelumnya, sejak tahun 2007 atau sejak perekaman E-KTP, data yang mereka miliki sudah terintegrasi dengan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan, proses pencairan dilakukan dua tahap. Tahap I (Agustus-September 2020) cair Rp1,2 juta dan Tahap II (Oktober-November 2020) cair Rp1,2 juta. Total BSU yang diberikan Rp2,4 juta.