Pendonor Ikuti Protokol Kesehatan

In Metropolis
PMI terapkan protokol kesehatan
DONOR : Salah seorang warga mendonorkan darahnya di Kantor PMI Kota Depok, Grand Depok City, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kamis (27/08). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Selama pandemi Covid-19 kebutuhan darah di Kota Depok semakin meningkat, sementara stok darah di PMI Kota Depok menipis.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Depok, Dr Widya Astriani menuturkan, para pendonor di masa pandemi mengikuti protokol kesehatan pencegehan Covid-19. Prosesi pengambilan darah sebelumnya dicek suhu badan, disediakan pula sacar cuci tangan.

“Area tunggu donor dilakukan di luar gedung, sirkulasi udaranya lebih baik untuk mencegah keramaian dalam gedung,” kata Widya kepada Radar Depok, Kamis (27/08).

Tidak hanya itu, petugas dibekali Alat Pelindung Diri (APD) yang memadai, dan lebih sering melakukan dekontaminasi peralatan.

“Meski Pandemi Covid-19, kami tetap ambil darah, namun tetap menggunakan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah,” kata Dr Widya.

Namun demikian, menurutnya keadaan pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap stok darah di UTD. Karena banyaknya pembatalan kegiatan Donor Darah oleh instansi dan keengganan mengadakan acara donor, karena khawatir melanggar undang-undang PSBB.

Selain itu, pendonor sukarela juga berkurang dan sekarang trendnya dilakukan donor pengganti dari keluarga pasien yang membutuhkan.

“Untuk menarik minat pelanggan, UTD harus mengeluarkan cost lebih tinggi agar dapat menarik minat donor dengan pemberian bingkisan,” tukasnya.

1 of 2

You may also read!

kecelakaan jalan kartini

Bruukk..! Pesepeda Motor Mendadak Jatuh di Jalan Kartini

NGANTUK : Kecelakaan Motor di depan Ruko Kartini Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas. Minggu (18/10).

Read More...
katar PGS disinfektan

Dua Pekan Sekali, Katar PGS Semprot Disinfektan

GIAT : Karang Taruna (Katar) Pasir Gunung Selatan (PGS) menyemprot disinfektan di lingkungan RW 1,

Read More...

Lurah Jatijajar Bantah Karena Politik Ketua RW2 Terpilih Tidak Dikukuhkan

Lurah Jatijajar, Sugino.   RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR - Terkait dugaan adanya keterkaitan penolakan pengukuhan RW 2 Jatijajar dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu