Peserta BPJS Kesehatan Nunggak Rp174 Miliar

In Metropolis
pelayanan BPJS kesehatan di depok
ILUSTRASI : Petugas saat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mendatangi Kantor BPJS Kesehatan Kota Depok di Jalan Margonda Raya. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Hidup saat ini memang berat. Tapi, soal kewajiban membayar iuran BPJS Kesehatan harus tetap diperhatikan. Jangan sampai abai. Hingga akhir Agustus 2020, berdasarkan catatan BPJS Kesehatan Kota Depok, terdapat tunggakan iuran sebesar Rp174 miliat dari 225.495 peserta JKN-KIS di Depok.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Elisa Adam menyebut, tunggakan Rp174 miliar sangat luar biasa memang. Dari dinilai tersebut peserta yang tergabung JKN-KIS sebanyak 225.495 peserta.

“Hasil itu setelah kita berkoordinasi dengan Selindo, memisahkan peserta yang ada di Depok,” terangnya kepada Radar Depok.

Dia melanjutkan, peserta yang kerap menunggak didominasi dari kelas 3. Namun, bukan berarti dari kelas 1 dan 2 juga tidak menunggak. Dia tidak dapat menentukan wilayah mana yang menjadi penyumbang terbanyak menunggak pembayaran.

“Kita tidak bisa pastikan, karena datanya hanya bisa ditarik berdasarkan fotocopy KTP terdaftar,” jelasnya.

Untuk menekan angka tunggakan, Elisa membeberkan upaya yang dilakukan BPJS. Seperti melakukan tellecolecting dengan cara menelpon peserta, memberdayakan kader JKN untuk menagih secara langsung, serta mengirimkan pesan singkat melalui whatsapp, sampai mempublikasikan ke media cetak maupun elektronik.

“Bahkan kami menggalakan program autodebet, ini untuk menghindari peserta lupa membayar iuran,” bebernya.

Tak hanya itu, terkait perpindahan kelas yang terjadi sepanjang bulan Juli hingga Agustus mencapai 1.271 peserta. Perubahan kelas pun beragam, ada yang turun kelas dan ada pula yang naik kelas.

“Kalau dihitung hanya 0,01 persen dari total keseluruhan peserta di Depok,” papar Elisa.

1 of 3

You may also read!

kecelakaan jalan kartini

Bruukk..! Pesepeda Motor Mendadak Jatuh di Jalan Kartini

NGANTUK : Kecelakaan Motor di depan Ruko Kartini Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas. Minggu (18/10).

Read More...
katar PGS disinfektan

Dua Pekan Sekali, Katar PGS Semprot Disinfektan

GIAT : Karang Taruna (Katar) Pasir Gunung Selatan (PGS) menyemprot disinfektan di lingkungan RW 1,

Read More...

Lurah Jatijajar Bantah Karena Politik Ketua RW2 Terpilih Tidak Dikukuhkan

Lurah Jatijajar, Sugino.   RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR - Terkait dugaan adanya keterkaitan penolakan pengukuhan RW 2 Jatijajar dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu