contoh uang rusak

contoh uang rusak

 

RADARDEPOK.COM – Perputaran kepemilikan uang sangat cepat, hingga menyebabkan kondisi uang yang kerap lusuh, cacat, atau rusak, sehingga terkadang orang enggan menerimanya. Beberapa bahkan terang-terangan menolak diberi uang yang masuk kategori tersebut.

Berdasarkan keterangan dari laman resmi Bank Indonesia (BI), Minggu (23/08), masyarakat yang memiliki uang lusuh, cacat, dan rusak sebenarnya bisa menukarkannya di kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) terdekat, atau melalui kegiatan mobil kas keliling BI.

Penukaran juga bisa dilakukan di kantor pihak lain yang disetujui oleh BI atau pada waktu kegiatan kas keliling pihak lain yang disetujui oleh Bank Indonesia .

Uang yang masuk kategori lusuh dan cacat, masih bisa diganti asalkan ciri keaslian uang tersebut masih dikenali. Sementara khusus untuk uang rusak, ada ketentuan tersendiri yang ditetapkan BI.

Syarat uang rusak bisa ditukar

Apabila uang rusak dapat dikenali ciri-ciri keasliannya dan memenuhi kriteria penggantian uang rusak, masyarakat akan mendapat penggantian dengan uang layak edar sejumlah uang rusak yang ditukarkan.

Apabila ciri-ciri keasliannya sulit diketahui, penukar wajib mengisi formulir permintaan penelitian uang rusak untuk penelitian selanjutnya.