Vokasi UI Lakukan Sertifikasi Kompetensi : Bagi 816 Calon Ahli Madya

In Pendidikan
vokasi UI sertivikasi kompetensi
SERTIFIKASI : Vokasi Universitas Indonesia melakukan sertifikasi kompetensi bagi 816 Calon Ahli Madya. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

Sebanyak 816 mahasiswa semester akhir Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) mengikuti uji sertifikasi kompetensi calon ahli madya.

Laporan : M. Agung HR

RADARDEPOK.COM – Uji kompetensi dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP UI), sebuah lembaga pelaksana kegiatan sertifikasi profesi yang mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Mahasiswa yang difasilitasi uji sertifikasi tersebut merupakan calon ahli madya lulusan Vokasi UI yang telah berhasil menuntaskan perkuliahan di Vokasi UI. Uji kompetensi dilaksanakan sepanjang Agustus 2020.

Uji kompetensi diperuntukkan bagi mahasiswa Vokasi UI secara cuma-cuma.

“Sebanyak 500 peserta memperoleh dukungan pembiayaan dari Program Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) yang diselenggarakan oleh BNSP, sedangkan sisanya sebanyak 316 mahasiswa dibiayai oleh Vokasi UI,” ujar Ketua LSP UI, Rahmi Setiawati.

Rahmi juga menguraikan bahwa terdapat sembilan skema kompetensi yang diujikan yaitu: Teller Jasa Keuangan dan Perbankan; Office Executive Administrative Assistant; Pengelolaan Kearsipan Dasar; Pengelolaan Underwriting Asuransi Level 5; Perancangan Strategis Kreatif dan Pembuatan Iklan; Analisis Perpajakan Pajak Penghasilan Orang pribadi; Kepemanduan Wisata; Public Relations Officer; dan Teknisi Akuntansi Madya.

Pada kesempatan yang sama, Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Vokasi UI, Priyanto menjelaskan, Vokasi UI mempersiapkan mahasiswanya dengan penciptaan kurikulum berdasarkan kompetensi kerja pada profesi masing-masing. Sertifikasi yang akan diperoleh sangat berperan untuk menunjukkan skill dan kompetensi yang mereka miliki

vokasi UI sertivikasi kompetensi
SERTIFIKASI : Vokasi Universitas Indonesia melakukan sertifikasi kompetensi bagi 816 Calon Ahli Madya. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

“Dengan demikian, lulusan Vokasi UI tidak hanya memiliki ijazah ahli madya namun juga sertifikat yang diakui profesi,” tuturnya.

Priyanto menambahkan bahwa lulusan Vokasi UI rata-rata terserap kerja dalam kurun waktu 0-3 bulan setelah lulus. Vokasi UI menerapkan kurikulum 321. Selama tiga semester belajar di kampus, dua semester belajar di industri, dan satu semester magang. Dengan demikian, lulusan Vokasi UI telah dididik untuk siap kerja dan memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri.

“Di sisi lain, dengan adanya Sertifikat Kompetensi dari BNSP juga memiliki peran besar untuk meningkatkan daya saing lulusan,” pungkasnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

kecelakaan jalan kartini

Bruukk..! Pesepeda Motor Mendadak Jatuh di Jalan Kartini

NGANTUK : Kecelakaan Motor di depan Ruko Kartini Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas. Minggu (18/10).

Read More...
katar PGS disinfektan

Dua Pekan Sekali, Katar PGS Semprot Disinfektan

GIAT : Karang Taruna (Katar) Pasir Gunung Selatan (PGS) menyemprot disinfektan di lingkungan RW 1,

Read More...

Lurah Jatijajar Bantah Karena Politik Ketua RW2 Terpilih Tidak Dikukuhkan

Lurah Jatijajar, Sugino.   RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR - Terkait dugaan adanya keterkaitan penolakan pengukuhan RW 2 Jatijajar dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu