tapos jalani swab test
ILUSTRASI : Salah seorang warga sedang menjalani swab test, di kawasan Jalan Juanda Raya, beberapa waktu lalu. FOTO : DOK. RADAR DEPOK
tapos jalani swab test
ILUSTRASI : Salah seorang warga sedang menjalani swab test, di kawasan Jalan Juanda Raya, beberapa waktu lalu. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Pelaksanaan swab test masif terus dijalankan oleh UPTD Puskesmas Tapos. Hingga saat ini, sudah mencapai 136 sampel. Pemeriksaan menyasar kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan  non ASN di wilayah kerja Puskesmas Tapos.

Kepala UPTD Puskesmas Tapos, Trisna Setiawan menuturkan, jumlah tersebut terdiri dari ASN dan non-ASN Kecamatan Tapos, Kelurahan Tapos, Kelurahan Leuwinanggung, Damkar, dan Puskesmas Tapos.

“Tujuan dilaksanakan swab adalah untuk skrining masyarakat terhadap Covid-19 yang saat ini sedang terjadi. Apalagi, baru-baru ini telah terjadi penyebaran penyakit tersebut di ruang masyarakat, seperti klaster perkantoran, klaster pusat perbelanjaan dan restoran atau rumah makan,” ucapnya kepada Radar Depok, Kamis (17/09).

Berdasarkan 136 hasil pemeriksaan swab tersebut, ia menjelaskan bahwa ditemukan satu kasus positif, sementara 135 lainnya dinyatakan negatif dari Covid‐19.

“Kepada yang positif ini, sudah dilakukan tindakan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus dilakukan, seperti isolasi mandiri, tracing kontak erat untuk dilakukan swab dan disinfeksi di lingkungan kerjanya,” tuturnya.

Dengan skrining yang telah dilakukan ini, diharapkan dapat mendeteksi secara dini, penyebaran virus Covid-19 yang ada di lingkungan kerja Puskesmas Tapos dan dapat segera diatasi dengan tepat.

“Terhadap mereka yang positif tanpa gejala, maka dilakukan isolasi mandiri. Kemudian, lokasi pekerjaannya dilakukan penutupan untuk dilakukan mitigasi berupa penyemprotan disinfeksi lokasi,” jelasnya.

Tidak sampai disitu saja, kepada rekan kerja yang dianggap melakukan kontak erat dengan yang bersangkutan, maka dilakukan tracing untuk mengetahui potensi perjalanan penyakit tersebut.