4 Hal yang Dilakukan, Agar PJJ Menyenangkan

In Ekbis dan Hiburan
anak belajar PJJ di rumah
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM – Perubahan cara belajar dari metode tatap muka yang konvensional, menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi virus Korona (Covid-19), tentu bukanlah hal yang mudah, karena harus beradaptasi dengan kebiasaan baru tersebut.

Anak-anak dan orang tua pun kini harus terbiasa akan hal tersebut. Bahkan, kerap membuat anak menjadi gelisah, bingung, sampai akhirnya merasa tertekan dan stres.

Sampai-sampai, orang tua pun harus menyitakan waktunya untuk menemani belajar di rumah, dan mengontrol anak untuk tetap belajar meski seharian di rumah.

Berikut ada empat tips, bagaimana PJJ bisa dijalani dengan menyenangkan untuk anak.

1. Nyaman

Usahakan anak dapat menulis dengan nyaman. Misalkan diperhatikan posisi punggung untuk tegak. Sebab posisi tegak tubuh akan membantu pengelolaan fokus. Anak boleh duduk di kursi dengan meja atau duduk di bawah dengan meja yang membuat posisi duduk tegak.

2. Fokus

Satu hal yang terkadang hilang dari anak saat PJJ adalah fokus. Anak-anak mudah teralihkan, bahkan dengan hal kecil. Untuk itu, orangtua sebaiknya menciptakan suasana yang membuat anak fokus, tidak gampang teralihkan perhatiannya. Salah satu caranya dengan membuat suasana tenang.

Bahkan, suasana di dalam ruangan juga diminimkan adanya hal-hal yang bisa memancing perhatian anak..

3. Tempat diskusi

Orangtua sebaiknya menjadi tempat diskusi yang menyenangkan buat anak. Dengarkan dan terima cerita atau pendapat anak, jangan buru-buru mengkritisi.

1 of 2

You may also read!

Kapolsek sukmajaya naik pangkat

Jelang Malam Tahun Baru, Polsek Sukmajaya Tumpengan

TUMPENGAN: Kenaikan Pangkat Kapolsek Sukmajaya, dengan prosesi pemotongan tumpeng di Mapolsek Sukmajaya, Kamis (31/12).  FOTO

Read More...
Tahun baru sukmajaya-cilodong

Malam Tahun Baru di Sukmajaya-Cilodong Dipantau

SIAP : Apel Persiapan Pengamanan Malam Tahun Baru di Mapolsek Sukmajaya, Kamis (31/12). FOTO :

Read More...
Pln

PLN UP3 Depok Perkuat Pasokan Jelang Tahun Baru

PANTAU : Petugas tengah bersiaga memperkuat pasokan listrik, pada malam tahun baru. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu