919 RW di Depok akan Dipasang Wifi Gratis

In Metropolis
919 RW dipasang wifi
RENCANA WIFI GRATIS : Warga melintas di depan Balai RW 02, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Selasa (1/9). Pemerintah Kota Depok rencananya akan memasang wifi gratis di 919 RW. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ada kabar gembira. Bagi siswa yang selama ini kesulitan kuota internet saat belajar dari rumah (BDR). Pemerintah Kota Depok memberikan solusinya. Selasa (1/9). Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok pastikan setiap RW di Kota Depok tersalurkan internet.

Kepala Diskominfo Depok, Sidik Mulyono menjelaskan, sebulan lalu Diskominfo berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial perihal bantuan belajar. Khususnya, bagi pelajar yang tidak mampu. Dari koordinasi inilah akhirnya keluar program Belajar Dalam Jaringan (BDR), dengan dua rencana alternatif pemasangan wifi gratis.

Pertama, rencana pemasangan wifi berbasis wilayah RW (indoor). Totalnya, ada 919 RW di seluruh Depok. Dan kedua, rencana pemasangan regional wifi yang letaknya di luar ruangan (outdoor).

“Regional wifi ini cakupannya lebih luas, karena menggunakan monopol setinggi 20 meter yang dipancarkan 360 derajat dengan radius sekitar 100-200 meter,” katanya kepada Harian Radar Depok, Selasa (1/9).

Rencana pemasangan kedua jenis wifi tersebut akan diterapkan uji coba. Kedua jenis wifi ini memiliki kelemahan dan kelebihan. Wifi berbasis wilayah RW, rupanya tidak semua wilayah Depok sudah tercover dengan jaringan fiber optik (FO). Sehingga jika dilakukan pemasangan, pasti pihak penyedia membutuhkan waktu lebih lama membuat jaringan FO.

Mungkin saja, kata Sidik, mereka akan menggunakan sistem radio tanpa kabel. Masalahnya, jika ada cuaca buruk, koneksi internet akan terganggu.

“Apalagi akhir tahun biasanya ada masa peralihan musim, kan,” ujarnya.

1 of 3

You may also read!

kecelakaan jalan kartini

Bruukk..! Pesepeda Motor Mendadak Jatuh di Jalan Kartini

NGANTUK : Kecelakaan Motor di depan Ruko Kartini Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas. Minggu (18/10).

Read More...
katar PGS disinfektan

Dua Pekan Sekali, Katar PGS Semprot Disinfektan

GIAT : Karang Taruna (Katar) Pasir Gunung Selatan (PGS) menyemprot disinfektan di lingkungan RW 1,

Read More...

Lurah Jatijajar Bantah Karena Politik Ketua RW2 Terpilih Tidak Dikukuhkan

Lurah Jatijajar, Sugino.   RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR - Terkait dugaan adanya keterkaitan penolakan pengukuhan RW 2 Jatijajar dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu