Aktivitas Iblam Edu Garden : Satu Jam Dipakai Belajar Kupas Tuntas Hidroponik (2)

In Metropolis
iblam edu garden
HIDROPONIK : Iblam Edu Garden rencananya akan difungsikan sebagai sarana pendukung ektrakurikuler hidroponik. FOTO : YUNIAR/RADAR DEPOK

 

Kehadiran Iblam Edu Garden di tengah masyarakat Kota Depok memang terasa bermanfaat. Saking bermanfaatnya, Iblam Edu Garden juga rencananya akan difungsikan sebagai sarana pendukung ektrakurikuler hidroponik bagi para siswa.

Laporan : Yuniar Dwi Setiawati

RADARDEPOK.COM – Secara khusus, Sekolah Dasar (SD) Nasional Plus Tunas Iblam rencananya akan menargetkan aktivitas hidroponik ini sebagai ekstrakurikuler. Sejak 2019, kepala sekolah dan guru-guru  juga gencar mengenalkan metode menanam secara hidroponik kepada peserta didiknya.

Kepala Sekolah SD Nasional Plus Tunas Iblam, Rani Ika Apriliyani menjelaskan, awal mengenalkan tentang hidroponik ini tidaklah mudah. Beberapa dari siswa, terlihat ada yang kurang antusias. Sehingga perlu waktu untuk menumbuhkan rasa penasaran pada diri mereka terhadap metode hidroponik ini. Mulai dari edukasi cara penanaman, manfaat dan keuntungan menanam secara hidroponik sampai pengenalan tentang jenis sayuran dan buah yang dihasilkan, diinformasikan secara blak-blakan oleh tenaga didik Sekolah tersebut.

Menariknya, para siswa di sana sekarang terlihat menyukai aktivitas ini. Bahkan, ada beberapa siswa yang ingin mencoba mempraktekkan metode hidroponik di rumahnya masing-masing sambil didampingi orangtua.

Rani menambahkan, selama ini aktivitas menanam secara hidroponik masih dilakukan hanya sebagai tambahan di sela-sela jam pelajaran.

“Misalnya, di kelas 2 ada pembelajaran tematik, jadi biasanya 1 jam dari pelajaran tersebut dipakai untuk belajar tentang hidroponik,” tambahnya saat diwawancarai Radar Depok, Sabtu (12/09) malam.

Manajer Iblam Edu Garden, Kartini juga menceritakan, bahwa siswa di SD Nasional Plus Tunas Iblam memiliki agenda kunjungan ke kebun. Agenda kunjungan ini disesuaikan dengan agenda Sekolah, setiap kelas biasanya dapat jatah kunjungan ke kebun dengan pendampingan guru. Sampai di sana, mereka secara langsung belajar hidroponik dari caranya menyemai bibit tanaman, merawat tanaman sampai caranya memanen sayuran daun dan sayuran buah.

1 of 2

You may also read!

Kapolsek sukmajaya naik pangkat

Jelang Malam Tahun Baru, Polsek Sukmajaya Tumpengan

TUMPENGAN: Kenaikan Pangkat Kapolsek Sukmajaya, dengan prosesi pemotongan tumpeng di Mapolsek Sukmajaya, Kamis (31/12).  FOTO

Read More...
Tahun baru sukmajaya-cilodong

Malam Tahun Baru di Sukmajaya-Cilodong Dipantau

SIAP : Apel Persiapan Pengamanan Malam Tahun Baru di Mapolsek Sukmajaya, Kamis (31/12). FOTO :

Read More...
Pln

PLN UP3 Depok Perkuat Pasokan Jelang Tahun Baru

PANTAU : Petugas tengah bersiaga memperkuat pasokan listrik, pada malam tahun baru. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu