antisipasi banjir serua
DIKERUK : Petugas DPUPR Kota Depok sedang mengeruk Kali Angke di Serua. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
antisipasi banjir serua
DIKERUK : Petugas DPUPR Kota Depok sedang mengeruk Kali Angke di Serua. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, mengeruk badan Kali Angke yang masuk ke wilayah RW6 dan RW7, Kelurahan Serua, Bojongsari. Pengerukan ini dilakukan guna mengantisipasi datangnya banjir akibat luapan kali.

Laporan : Indra Siregar

RADARDEPOK.COM – Pengerukan kali ini mengalami sedikit kendala lantaran alat berat yang digunakan, kesulitan untuk masuk ke kali karena aksesnya terhalang bangunan milik warga yang didirikan di atas kali.

“Untuk menghindari bangunan tersebut, operator alat berat terpaksa mencari lokasi yang aman untuk melakukan normalisasi kali . Sedangkan badan kali yang tidak bisa dijangkau dengan alat berat terpaksa menggunakan tenaga manual,” ujar Pengawas Lapangan DPUPR Kota Depok, Herman Sugiarto.

Normalisasi Kali Angke Lima di Jalan Mandor Tajir, atas permintaan LPM Serua untuk dilakukan pengerukan.

“Kami sudah memberitahukan kepada warga tidak boleh mendirikan bangunan di atas kali, karena melanggar, tapi kita beritahu secara perlahan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua LPM Serua, Dasuki mengatakan dia sudah mengingatkan warga tidak boleh mendirikan bangunan di atas kali.

Terlepas dari bangunan warung tersebut, dia mengakui pengerukan endapan lumpur yang dilakukan Satgas PUPR dengan menggunakan alat berat jalan air di kali tersebut menjadi lancar. Prosentasinya sekitar 60 hingga 40 persen.

“Kami mengapresiasi kinerja DPUPR yang cepat tanggap untuk menormalisasi kali ini,” pungkasnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya